10 Destinasi dan Aktivitas Seru Trip Raja Ampat di Misool

Misool memiliki keunikan tersendiri di Raja Ampat. Dibandingkan dengan Wayag yang lebih populer, spot-spot unik di Misool relatif belum banyak dikunjungi wisatawan dan belum seramai di Wayag.

Berikut sepuluh destinasi dan macam aktivitas yang bisa kamu lakukan di Misool. Sebagai catatan, sebaiknya kamu menginap minimal dua malam di Misool untuk bisa mengunjungi dan mengeksplore tempat-tempat keren ini.

Sunset di Banos
Pulau Banos dengan pasir putihnya saat menjelang senja

Sunset di Banos

Pulau Banos letaknya di barat laut Nut Tonton, sekitar 15 menit saja jarak menyeberang kapal motor antar dua pulau ini. Banos yang tak berpenghuni ini punya pantai landai berpasir putih di bagian barat, cocok untuk spot sunset.

Jelajah keindahan stalagmit dan stalagtit di Goa Puteri Termenung

Trekking dan jelajah goa Putri Termenung

Seperti namanya, di dalam goa ini ada batu stalagmit yang bentuknya mirip perempuan yang duduk termenung. Di dalam goa cukup gelap dan lumayan licin saat musim hujan. Trekking naiknya mirip Danau Bintang di Pianemo, tapi tak terlalu curam.

Goa Keramat yang di dalamnya terdapat kolam air yang jernih

Berenang dan free dive di Goa Keramat

Konon goa ini dianggap keramat karena ada dua makam di pintu masuknya. Di dalam goa ada semacam sungai yang tenang dan dalamnya sekitar tiga sampai lima meter, seru untuk berenang dan free dive.

Pemandangan batuan karang di sekeliling Namnol

Menikmati pantai landai dan dangkal di Namnol

Pantai landai yang dikelilingin batuan karang raksasa. Air lautnya dangkal, tak lebih dari lutut. Lokasi ini cocok buat yang hobi foto dan seru-seruan di pantai dengan latar belakang batuan karang khas Misool.

Perairan yang tenang, jernih, dan dangkal di Yapap

Berenang di Yapap

Laut yang dangkal dengan batuan karang yang tipis dan menjulang tinggi menjadi ciri khas Yapap. Lokasi ini mirip sebuah laguna yang dangkal dengan pemandangan tebing karang di sekelilingnya.

Resort terapung di Nut Tonton

Menginap dan snorkeling di Nut Tonton

Di pulau ini ada penginapan terapung, Nut Tonton Homestay. Sekeliling pulau merupakan spot snorkeling, free dive, dan diving untuk pemula. Saat malam, milkyway terlihat jelas di atas langit, sementara saat pagi bisa trekking untuk menikmati sunrise dari atas bukit.

Batu karang menyerupai pohon natal di Balbulol

Foto di Balbulol

Balbulol lebih dikenal dengan sebutan “pohon natal”. Sesuai julukannya, di tempat ini ada beberapa batu karang berbentuk kerucut sempurna yang menjulang tinggi. Air laut yang jernih berwarna hijau kebiruan menambah sempurna lokasi ini sebagai spot foto yang menjadi ciri khas Misool.

Satu-satunya danau dengan ratusan ubur-ubur di Raja Ampat

Berenang di danau Ubur-ubur

Di Indonesia hanya ada tiga tempat dimana kamu bisa berenang dengan ratusan ubur-ubur yang tak menyengat, yaitu di Derawan, Kepulauan Komodo, dan yang satu lagi di Misool. Ingat, saat berenang di sini jangan pakai fins dan sunblock, karena mengganggu habitat alam sang ubur-ubur.

Landscape khas Raja Ampat dari atas Puncak Harfat

Trekking Puncak Harfat

Puncak Harfat identik dengan dermaga kayu sepanjang kurang lebih 200 meter dan anak tangga menuju puncak bukit. Dari atas bukit ini terlihat jelas pemandangan laut Misool dengan gradasi warna biru kehijauan dan pulau-pulau karang kecil di sekelilingnya.

Bukit Love dengan pemnadangan danau berbentuk hati yang dikelilingi tebing karang

Trekking, foto, snorkeling di Bukit/Danu Love

Terakhir, tempat wajib di Misool adalah Bukit Love – kadang juga disebut Danau Love. Dari puncak bukit di sini kita bisa lihat semacam palung dan perairan yang membentuk gambar hati. Untuk naik ke puncak Bukit Love, wisatawan mesti naik anak tangga dari kayu. Seperti di Pianemo dan Puncak Harfat, tapi dengan kemiringan yang lebih menantang. Begitu sampai puncak, rasa capek dan pegal terbayarkan dengan pemandangan cantik danau berbentuk lambang cinta. Snorkeling daan free dive juga bisa dilakukan di perairan danau berbentuk hati ini. Terumbu karangnya masih alami dengan berbagai jenis karang meja, karang lunak, dan wall yang mengelilingi danau.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *