Air Terjun Kapas Biru, Hening dan Sejuknya Aliran Sungai dari Lereng Semeru

Kabupaten Lumajang yang berada di kaki Gunung Semeru, Jawa Timur, memiliki sederet air terjun dengan pemandangan perbukitan dan areal persawahan.

Salah satu air terjun di Lumajang yang terkenal dengan keindahannya adalah Air Terjun Kapas Biru yang memiliki aliran deras dan berwarna putih dengan sisinya konon berwarna kebiruan apabila dilihat dari jauh. Itulah yang menjadi asal mula nama “kapas biru” – meskipun sebenarnya tak terlalu tampak warna biru.

Percikan air dan awan tipis di kaki air terjun Kapas Biru

Obyek wisata air terjun Kapas Biru ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2015. Ketinggian air terjun kurang lebih 100 meter, tingkat bawah setinggi 90 meter dan tingkat atas diapit tebing setinggi 10 meter. Sumber airnya berasal dari aliran anak Sungai Besukbang dan Sungai Lengkong yang berhulu di lereng Gunung Semeru.

Air terjun Kapas Biru setinggi kurang lebih 100 meter
Vegetasi dan satwa di sekitar kaki air terjun Kapas Biru

Untuk menuju air terjun Kapas Biru ini kita bisa berangkat dari Malang dengan rute menuju Lumajang lewat Dampit, lama perjalanan sekitar 2,5-3 jam. Air terjun Kapas Biru berjarak sekitar 3 kilometer dari gerbang masuk Air Terjun Tumpak Sewu.

Dari tempat parkir kendaraan di Kapas Biru, kita harus jalan kaki selama kurang lebih satu jam melewati jalur yang menantang dan dikelilingi pepohonan, termasuk areal kebun cabe, kopi, dan lahan persawahan.

Jalan kaki kurang lebih satu jam untuk sampai lokasi ini

Jalur trekking menuju lokasi air terjun Kapas Biru tidak terlalu ekstrem, tapi harus hati-hati karena melewati beberapa tangga yang terbuat dari besi, batu, tanah liat, dan aliran sungai kecil yang licin. Pakailah sepatu atau sandal gunung yang nyaman.

Begitu tiba di kaki air terjun, rasa letih dan capek setelah trekking terbayarkan dengan keindahan pemandangan air terjun Kapas Biru. Di areal sekitar kaki air terjun terdapat gazebo untuk istirahat, toilet, dan tempat sampah.

Sepi dan tenang di bawah megahnya air terjun Kapas Biru

Bawalah air minum, snack, atau makanan ringan lainnya pada saat trekking karena tidak ada warung atau penjual makanan di kaki air terjun. Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempat yang disediakan.

Tiket air terjun Kapas Biru

Harga tiket masuk air terjun Kapas Biru RP 7.000 per orang, biaya parkir RP 5.000 untuk motor dan RP 10.000 untuk mobil (Juli 2020).

Lokasi air terjun Kapas Biru

Air terjun Kapas Biru berada di Dusun Mulyoharjo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Menuju air terjun Kapas Biru

Air terjun Kapas Biru terletak sekitar 70 km dari kota Malang atau 52 kilometer dari kota Lumajang. Wisatawan yang berangkat dari Malang bisa mengambil rute menuju Turen – Dampit – Pronojiwo. Sekitar 100 meter dari Polsek Pronojiwo, terdapat papan nama Coban Kapas Biru dan ikuti saja petunjuk tersebut.

Obyek wisata lain di dekat air terjun Kapas Biru

β€’ Air Terjun Tumpak Sewu
β€’ View Gunung Semeru di Desa Oro-oro Ombo

Video trekking di air terjun Kapas Biru

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar