Berenang Dengan Ratusan Ubur-ubur Raja Ampat

Misool di kawasan selatan Raja Ampat tak hanya terkenal dengan gugusan pulau karang dan bawah lautnya. Di Raja Ampat, cuma Misool yang punya danau ubur-ubur.

Di Indonesia ada sedikitnya tujuh danau dengan ratusan ubur-ubur yang tidak menyengat atau tidak beracun. Tiga danau di Misool, Raja Ampat, satu danau di Togean, satu tempat di Pulau Sembilan atau Pulau Gusung Taka Makasar, Kepulauan Komodo, dan dua danau di Kepulauan Derawan, yaitu Kakaban dan Maratua.

Khusus di Misool, danau ubur-ubur paling terkenal adalah Danau Lenmakana. Lokasinya di sekitar Misool barat laut, tak jauh dari Goa Keramat. Untuk menuju danau ini, kita mesti trekking dengan jalur setapak berupa tanah dan batu selama kurang lebih sepuluh menit.

Setiba di pinggir danau, suasana tampak begitu sepi dan tenang. Danau ini airnya payau, campuran air laut, air tanah, dan air hujan. Dari tepi danau memang tak tampak adanya ubur-ubur, kita mesti ke tengah danau untuk bisa berenang dengan ratusan ubur-ubur tak menyengat di danau ini.

Ada tiga jenis spesies ubur-ubur di danau ini, yaitu Upside Down Jellies (Cassiopeia sp.), Moon Jellies (Aurelia sp.) dan Spotted Jellies (Mastigias sp.). Oke, mungkin jenis-jenis spesiesnya mungkin gak terlalu penting buat kalian yang lebih excited berenang dengan ubur-ubur di sini, tapi perlu diingat:

1. Jangan pakai fins, kibasan kaki katak yang kamu pakai bisa membunuh ubur-ubur yang gerakannya lambat dan tubuhnya sangat lunak, bahkan hampir transparan. Kalo kamu belum mahir berenang, gunakan live jacket.

2. Jangan pakai sunblock, cairan dan bahan kimia yang terkandung pada sunblock bisa jadi toxic buat si ubur-ubur

3. Meski tidak menyengat, si ubur-ubur jangan dipegang, nanti bisa mati, cukup dilihat-lihat dan disenyumin dari dekat.

Seperti halnya biota lain, ubur-ubur ini juga punya “musim”. Dari pengamatan sendiri beberapa kali ke danau ini, paling banyak ubur-uburnya antara akhir Februari sampai awal April, saat periode “hangat”. Paling sedikit ubur-uburnya sekitar bulan Desember dan Januari. Jadi, kamu bisa rencanakan waktu yang tepat ke destinasi ini.

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar