Asakusa ibarat old town-nya Tokyo, area yang pas untuk traveler karena lokasinya strategis, aksesnya yang mudah, banyak pilihan hotel dan hostel, serta cuma perlu jalan kaki ke spot-spot wisata dan belanja paling populer di Tokyo.

Baca juga: 10 Rekomendasi hotel dan hostel murah di Asakusa Tokyo

Berikut tempat-tempat dan aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Asakusa.

Kaminarimon

Kaminarimon adalah gerbang utama menuju Nakamise-dori sekaligus ikon wisata Asakusa.

Kaminarimon, spot foto paling populer di Asakusa

Tips: Kaminarimon ini sangat ramai dengan wisatawan dan turis karena memang spot foto paling populer di Asakusa. Kalau ingin foto “sepi” di spot ini, datanglah sebelum jam tujuh pagi atau malam setelah jam delapan.

Hozomon Gate

Gerbang menuju Sensoji Temple yang identik dengan lampion raksasa di tengahnya, mirip yang ada di Kaminarimon.

Lampion raksasa yang jadi simbol Sensoji Temple
Hozomon Gate di depan area Sensoji Temple

Sensoji Temple

Kuil paling tua sekaligus paling populer di Tokyo. Usianya sudah lebih dari 1300 tahun. Di area kuil ini juga ada beberapa stand kuliner street-food khas Jepang dengan harga sekitar 300-500 Yen.

Sensoji Temple merupakan kuil tertua di Tokyo
Sisi samping Sensoji Temple di Asakusa

Kalo kamu ke kuil ini pada bulan Mei, bisa jadi bakal merasakan suasana Sanja Festival, salah satu festival paling populer di Tokyo untuk menyambut musim panas yang digelar tiap tahun di Asakusa.

Nakamise-dori

Suasana di Nakamise sebelum masuk ke area Sensoji Temple

Shopping-street paling tua di Jepang, lokasinya memanjang 250 meter antara Kaminarimon dan Hozomon Gate. Semua souvenir dan jajanan khas Jepang ada di sini. Tips: Toko-toko di Nakamise tak hanya di jalan utama menuju Sensoji Temple, tapi juga area di belakangnya. Cobalah explore lebih lama dan kamu pasti menemukan makanan atau benda-benda unik yang sayang kalau enggak dibawa pulang.

Naik Rickshaw ala Jepang

Yang pernah ke Asakusa pasti pernah liat rickshaw atau becak tradisional khas Jepang lalu-lalang di jalanan sekitar Kaminarimon. Biasanya ada tiga paket tour yang ditawarkan: 30 menit, 1 jam, dan 2 jam, dengan beberapa rute yang berbeda. Harga paling murah mulai Rp 600 ribu.

Becak tradisional Jepang atau rickshaw di Asakusa

Mas-mas becaknya juga pinter foto dan tau betul spot-spot instagramable di Asakusa…

Penarik rickshaw ini juga pinter ambil foto di spot-spot keren sekitar Asakusa

Tokyo Skytree

Tokyo Skytree adalah menara paling populer dan modern di Tokyo, sekaligus bangunan tertinggi di Jepang (634 meter). Tiket observation deck 2060 Yen (sekitar Rp 270 ribu) cuma sampai ketinggian 350 meter. Mumpung lagi di Tokyo, nggak ada salahnya kamu menikmati pemandangan Tokyo dari ketinggian di Skytree.

Pemandangan Tokyo Skytree dari Sumida River
Dengan ketinggian 634 meter, Tokyo Skytree menjadi bangunan tertinggi di Jepang

Asakusa Culture Tourist Information Center

Ingin foto dari ketinggian dengan view Nakamise sampai ujung Sensoji Temple tanpa harus beli tiket alias gratis? Naiklah ke Asakusa Culture Tourist Information Center lantai delapan. Dari balkon di lantai ini kamu bisa melihat pemandangan dengan view Sensoji Temple, Nakamise-dori, dan gedung-gedung bertingkat lainnya di sekitar Asakusa.

Gedung Asakusa Culture Tourist Information Center di seberang Kaminarimon
Pemandangan Sensoji Temple dan Nakamise Street dari Asakusa Culture Tourist Information Center

Asahi Beer Hall

Patung “kotoran raksasa” di Asakusa

Patung emas di atas gedung bertingkat ini keliatan jelas dari sekitar Sumida River di Asakusa. Lokasinya ada di Asahi Beer Hall, gedung milik Asahi, perusahaan bir dan minuman terbesar di Jepang.

Ada yang bilang patung berwarna emas ini bentuknya seperti (maaf) kotoran raksasa, ada yang bilang seperti monster, ekor sperma, larva nyamuk, dan lain-lain.

Kalo menurut kamu sendiri, bentuknya mirip apa?

Sumida Park

Lokasinya di tepian sungai Sumida, di antara dua jembatan ikonik Azumabashi dan Sakurabashi. Suasana tenang dan nyaman di sini sedikit melupakan kita pada hiruk pikuk dan keramaian turis di Asakusa. Paling keren ke lokasi ini pas musim Sakura, sekitar pertengahan sampai akhir April.

Suasana di pinggiran sungai Sumida pada musim Sakura

Hunting souvenir dan barang-barang unik di Donki

Masih belum puas belanja di Nakamise dan sekitar Sensoji? Cobalah ke Don Quijote atau Daiso Asakusa. Dua tempat ini identik dengan benda-benda unik dan lucu ala Jepang dengan harga murah, mulai dari 100 Yen. Don Quijote atau juga dikenal dengan nama “Donki” ini buka 24 jam dan tersedia counter khusus untuk belanja tax-free.

Don Quijote atau biasa disebut Donki, salah satu pusat belanja di Asakusa
Counter tax-free di Donki Asakusa
Action figure Ultraman dan monster ala film animasi Jepang

Nginep di mana di Asakusa? Lihat review dan rekomendasi hostel budget area Asakusa di artikel ini.

Beri Komentar