Itinerary dan Destinasi Liburan Akhir Pekan di Nusa Penida

Nusa Penida adalah pulau yang terletak di tenggara Bali. Ada dua pulau kecil lain di dekat Nusa Penida, yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Secara umum, Nusa Penida dibagi dalam dua area utama, yaitu Nusa Penida barat dan Nusa Penida timur.

Nusa Penida barat adalah area yang paling populer di kalangan wisatawan. Salah satu destinasi utamanya adalah Pantai Kelingking.

Nusa Penida timur tak seramai barat dan kadang kamu bisa berfoto seorang diri di tempat-tempat keren seperti Pantai Atuh dan view-point Pulau Seribu.

#BaliEscape trip Nusa Penida

Oke, langsung aja kita menuju Nusa Penida!

Hari Pertama (Sabtu)

08.00 – Penyeberangan dari Sanur

Ambil kapal cepat dari Sanur yang berangkat paling pagi atau jam 8. Kamu akan tiba di Nusa Penida paling lambat jam 9 atau 9.30, kemudian langsung menuju Kelingking.

Penyeberangan dari Sanur ke Nusa Penida
Suasana di dalam kapal cepat El Rey Junior menuju Nusa Penida

09.30 – Kelingking Beach

Kamu pasti udah ratusan kali lihat spot ini di Instagram. Kelingking memang destinasi paling populer di Nusa Penida.

Kelingking Beach, spot paling populer di Nusa Penida

Ada dua cara menikmati Kelingking Beach. Yang pertama foto-foto dari atas dan anak tangga dengan latar belakang bukit yang menjorok ke lautan dan berbentuk seperti paus atau dinosaurus.

Cara kedua agak ekstrim: turun ke pantainya dengan melewati ratusan tangga yang lumayan curam. Setelah tiba di dasar, kamu akan menikmati pantai pribadi dengan pasir putih yang halus dan bersih, karena tidak semua wisatawan yang ke Kelingking mau turun ke pantai ini.

11.00 – Paluang Cliff

Jangan buru-buru pindah lokasi setelah dari Kelingking Beach. Sekitar 500 meter dari Kelingking Beach ada Paluang Cliff.

Salah satu spot foto di Paluang Cliff

Obyek utama dari lokasi ini adalah beberapa photobooth yang disediakan dengan latar belakang Kelingking Beach. Siapain uang 10 ribu unuk bisa berfoto di semua photobooth di Paluang Cliff ini.

12.00 – Makan siang

Harga rata-rata menu makanan “warung” di Nusa Penida antara RP 30 ribu sampai RP 50 ribu, menyesuaikan kantong wisatawan asing yang memang lebih dominan di pulau ini.

Kalau kamu ingin menu yang lebih murah, pilihannya ada di sekitar pelabuhan dan pasar, ada sejumlah warung masakan Jawa, masakaan Padang, lalapan Lamongan, dan beberapa menu lokal Bali dengan harga seporsi antara RP 10 ribu sampai RP 20 ribu.

13.00 – Broken Beach

Ciri khas Broken Beach adalah tebing dengan lekukan besar dan lubang raksasa di bawahnya. Air laut dan ombak yang masuk ke area ini menambah eksotis pemandangan Broken Beach.

Ada beberapa spot foto di Broken Beach. Yang pertama tentu saja dengan latar belakang “jembatan alam” yang melengkung dan berbentuk lobang besar di bawahnya.

Broken Beach, salah satu simbol keunikan Nusa Penida

Spot foto kedua adalah dengan latar belakang laut biru di sisi timur Broken Beach. Selalu waspada dan hati-hati karena batuan di tebing ini cukup licin dan curam.

Perlu sedikit nyali dan ekstra hati-hati untuk foto di sini

14.30 – Angel Billabong

Jaraknya cuma sekitar 300 meter dari Broken Beach. Angel’s Billabong terkenal dengan “kolam alam” di antara cekungan karang yang terisi air laut.

Belakangan, wisatawan udah nggak boleh berenang di kolam ini karena sering terjadi ombak besarĀ  yang membuat celaka pengunjung.

Kolam air alami khas Angel Billabong

Tapi tanpa berenang di kolamnya pun kamu masih bisa menikmati keindahan Angel’s Billabong dari atas, atau berfoto di pohon kering yang cukup instagenik di lokasi ini.

Pohon Instagram di area jalur masuk menuju Angel Billabong

16.00 – Crystal Bay

Crystal Bay adalah lokasi yang sempurna untuk menutup sore di Nusa Penida barat.

Apa yang istimewa dari Crystal Bay? View sunset dan pantai yang landai dan berpasir putih dengan latar belakang ratusan pohon kelapa dan karang bolong di lepas pantai.

Berjemur sambil menunggu sunset di Crystal Bay

18.00 – Makan malam di Nusa Penida Night Market

Lalapan Lamongan, menu murah-meriah dan merakyat di Nusa Penida Night Market

Di pasar malamnya Nusa Penida ini ada beberapa warung lokal dengan harga terjangkau (antara RP 10 ribu – 20 ribu per porsi). Ada warung lalapan Lamongan, nasi Bali, gorengan, martabak dan terang bulan.

Lokasi pasar malamnya dekat dengan pelabuhan, tinggal keluar dan belok kiri lalu ikuti jalan kurang lebih 2 kilometer. Kalau siang, lokasi ini berfungsi sebagai area parkir toko-toko di pasar Nusa Penida.

Hari kedua (Minggu)

05.00 – Chill out dan sunrise di infinity pool hotel

Banyak penginapan dan hotel di Nusa Penida punya kolam renang yang menghadap pantai. Berenang pagidan menikmati sunrise jadi aktivitas wajib saat pagi di Nusa Penida.

Sunrise Nusa Penida di Manta Cottages Seaview

 

07.00 – Breakfast dan checkout

Nasi goreng, pancake, dan sandwich adalah menu umum sarapan di hotel-hotel Nusa Penida. Cukup untuk pengganjal perut sebelum jalan-jalan keliling pulau.

Sarapan dengan view pantai dan laut di Nusa Penida

 

08.00 – Thousand Island

Thousand Island atau Pulau Seribu, kadang juga disebut Raja Lima, menjadi gambaran beberapa pulau karang yang terlihat dari atas tebing lokasi ini. Spot wajib di Nusa Penida timur.

Pemandangan dari viewpoint Thousand Island atau Pulau Seribu Nusa Penida

10.00 – Tree House

Letaknya di area yang sama dengan Thousand Island, spot ini sebenernya adalah cottage yang bisa disewa per kamar. Tapi kamu juga bisa “numpang” foto di tangga rumah pohon ini dengan latar belakang Thousand Island.

Rumah pohon khas Nusa Penida di area Thousand Island

11.00 – Diamond Beach

Sesuai namanya, ciri khas dari pantai ini adalah sebuah batu karang raksasa yang berbentuk seperti “diamond”. Untuk turun ke pantai ini kamu mesti lewat anak tangga yang juga menjadi spot foto yang populer di Instagram.

Diamond Beach, spot yang tak boleh terlewatkan di Nusa Penida timur

Di lokasi ini juga ada ayunan pohon kelapa yang hits di Instagram. Boleh coba kalo kamu punya nyali dan tak takut ketinggian.

12.00 – Atuh Beach

Lokasi ini menjadi spot terakhir sebelum kamu kembali ke dermaga unttuk menyeberang ke Sanur.

Pantai Atuh terkenal dengan batu karang bolong berbentuk bintang yang keren buat latar belakang foto. Di lokasi ini juga ada beberapa warung dan cafe jadi kamu tak perlu khawatir kehausan atau kelaparan setelah naik turun tebing.

Atuh Beach dengan ciri khasnya batu karang bolong yang instagenik

15.00 – Kembali ke Pelabuhan

Gunakan kapal cepat dengan jadwal penyeberangan menuju Sanur di atas jam 3 sore, agar kamu punya cukup waktu menikmati spot-spot keren di Nusa Penida timur.

Destinasi Lain di Nusa Penida

Kalo kamu punya libur lebih panjang dan bisa stay lebih lama di Nusa Penida, masih ada beberapa destinasi lain yang tak kalah cakep dan relatif masih sepi, seperti Peguyangan Waterfall, Banah Cliff, Tanglad Hill atau Bukit Teletubbies, serta spot-spot diving dan snorkeling seperti Gamat Bay, Temple Point, Manta Bay, dan Manta Point, selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Penginapan di Nusa Penida

Hampir semua penginapan dan hotel di Nusa Penida punya kolam renang menghadap laut alias sea view. Beberapa di antaranya punya infinity pool alias kolam renang dengan pemandangan laut dan sunrise!

Untuk budget kamar di kisaran Rp 300-400 ribuan per malam, rekomendasi saya ada dua:

Cemara Beach Homestay

Cemara Beach Homestay di Nusa Penida (foto: paketbalitour.com)

Manta Cottages Seaview

Suana pagi di Manta Cottages Seaview Nusa Penida

Selain dari dua penginapan di atas, kamu bisa cek-cek atau booking langsung lewat online travel agent macam Traveloka.

Menyeberang ke Nusa Penida

Seperti yang saya tulis di atas, ada dua cara menyeberang dari Bali ke Nusa Penida.

Cara 1 dan paling umum digunakan: Menyeberang dari Sanur

Kapal cepat berangkat tiap hari dari Sanur ke Nusa Penida mulai jam 8 pagi, dengan lama penyeberangan sekitar 45-60 menit.

Kamu tinggal menuju area parkir kawasan Pantai Matahari Terbit Sanur dan disana ada deretan operator fast-boat ke Nusa Penida. Beberapa yang terkenal adalah: Mola Mola Express, Angel Billabong Fast Cruise, Maruti, Caspla Bali, dan El Rey Junior.

Harga tiketnya bervariasi antara RP 150-200 ribu per orang sekali jalan.

Perlu diinget, tidak ada dermaga untuk naik ke kapal. Bisa dipastikan kakimu akan basah sebelum naik kapal, minimal sampai betis dan lutut, jadi pakailah sendal yang nyaman dan bawahan yang simpel aja.

Gimana kalo bawa koper atau tas ransel besar? Jangan khawatir, ada anak buah kapal sekaligus porter yang akan mengankut koper atau ranselmu ke atas kapal. Gratis!

Cara 2: Menyeberang dari Padang Bai

Ini adalah pelabuhan utama dari Bali menuju Lombok, letaknya di Karangasem, sekitar dua jam perjalanan dari Denpasar. Jauh kan? Makanya tidak saya sarankan lewat jalur ini, kecuali kamu memang mau bawa motor atau mobil sendiri di Nusa Penida.

Transportasi di Nusa Penida

Karena Nusa Penida ini begitu besar dan luas, ada dua cara untuk berkeliling di pulau ini: sewa motor dan mobil.

Sewa motor per hari di Nusa Penida harganya antara RP 70-80 ribu, umumnya motor skuter matic macam Beat dan Vario.

Kondisi jalanan di Nusa Penida umumnya memang udah diaspal. Tapi medan jalannya naik turun, berbelok, curam, dan sempit. Jadi kamu mesti ekstra hati-hati kalo motoran di Nusa Penida.

Cara yang lebih aman: sewa mobil. Tarifnya antara RP 600-700 ribu per mobil untuk satu hari trip, sudah termasuk bensin, parkir, dan driver yang merangkap guide. Kalo kamu pergi rame-rame dan ingin lebih nyaman, saya sarankan sewa mobil saja.

Estimasi Biaya Liburan Akhir Pekan di Nusa Penida

Tiket penyeberangan Sanur – Nusa Penida PP: RP 300.000
Sewa mobil 2 hari (share 6 orang): RP 200.000
Penginapan 1 malam (share 2 orang per kamar): RP 175.000
Makan 3X: RP 100.000
Lain-lain: RP 125.000
Total biaya per orang: RP 900.000

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar