Jelajah Alor, Kunjungi Sepuluh Destinasi Cakep Ini

Alor memang tak sepopuler Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo. Tapi banyak keindahan tersembunyi di pulau yang letaknya di sisi timur pulau Flores, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pulau Alor lebih dulu terkenal di kalangan wisatawan pecinta bawah laut. Pernah denger buku Alor Underwater kan? Memang, perairan di sekitar pulau ini menyimpan keindahan terumbu karang yang disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

Tapi wisata Alor tak hanya terbatas untuk mereka yang bisa diving. Para petualang penikmat pantai, snokeling, kuliner, dan budaya pun akan takjub dengan keindahan tersembunyi di pulau ini. Berikut spot-spot yang bisa dinikmati non-diver di Alor.

Pulau Sebanjar dan sejumlah gazebo di pinggir pantai

Pantai Sebanjar

Pantai Sebanjar lokasinya sekitar dua kilometer dari Alor Kecil. Pantai ini sangat ramai oleh wisatawan lokal, terutama pada sore hari untuk menikmati sunset. Di pantai ini juga ada beberapa homestay dan cottage.

Pulau Sika

Pulau Sika letaknya tepat di seberang Bandara Mali. Yang menarik dari pulau kecil ini adalah dugong. Tak jarang, wisatawan menyewa perahu hanya untuk melihat dari dekat dugong-dugong di pulau ini.

Pemandangan Bandara Mali dari puncak bukit di Alor

Bandara Mali

Salah satu spot menarik di bandara Mali adalah puncak bukit kapur di belakang bandara. Dari bukit ini kamu bisa melihat runway bandara dengan latar belakang lautan biru – dan tentu saja beberapa pesawat yang takeoff dan landing di bandara ini.

Pantai Batu Putih, sekitar 30 menit perjalanan dari Kalabahi

Pantai Batu Putih

Yang menarik dari pantai ini bukan pasir putih atau pemandangan bawah lautnya, tapi batuan karang berwarna putih pada bagian tebing pantai. Sayangnya ulah tangan jahil yang mencorat-coret batu mengurangi keindahan alami pantai ini.

Takpala, desa adat paling populer di Alor

Desa Adat Takpala

Bagi traveler yang ingin melihat lebih dekat kehidupan asli suku Alor, wajib mengunjungi desa adat ini. Wisatawan juga bisa berfoto dengan pakaian adat, senjata, dan alat musik tradisional Alor di desa Takpala.

Suasana pasar kaget di pinggir pantai Alor Kecil

Pasar Tradisional Alor Kecil

Alor terkenal sebagai penghasil ikan laut, kerang, dan cumi. Untuk mendapatkan ikan segar dari tangkapan nelayan Alor, kamu bisa singgah di pasar tradisional Alor Kecil yang buka tiap hari Selasa dan Kamis saja.

Pulau Kepa dengan penginapan Marangki Kepa

Pulau Kepa

Pulau Kepa letaknya tepat di seberang Alor Kecil. Pemandangan bawah laut di Pulau Kepa sangat istimewa, tapi kamu harus hati-hati karena arus bawah di sini sangat kuat, terutama di sisi timur pulau.

Free dive di Pulau Pura

Pulau Pura dan Pulau Ternate

Kedua pulau ini lokasinya di sisi barat Pulau Kepa. Pulau Pura dan Pulau Ternate terkenal dengan keindahan bawah lautnya, termasuk adanya bubu, jaring ikan khas Alor yang terbuat dari bambu dan diletakkan di dasar laut.

Sekelompok lumba-lumba yang mengikuti perahu menuju Pulau Pura

Lumba-lumba Pulau Pura

Saat menyeberang dari Pulau Kepa ke Pulau Pura, perahu kamu akan dikelilingi ratusan ekor lumba-lumba jenis mulut runcing dan pendek. Mamalia laut ini seolah ingin mengajak kita bermain, berenang, melompat, dan berkejaran di laut. Ini adalah lumba-lumba paling banyak yang saya lihat begitu dekat di habitat aslinya. Kalau di Lampung dan Lovina kita yang “mengejar” lumba-lumba, di Alor ini sebaliknya, kita seperti dikejar-kejar oleh ratusan lumba-lumba.

Pantai Lingal yang bersih dan sepi di Alor

Ling’al

Spot yang satu ini lokasinya paling jauh dari Alor Kecil, sekitar dua jam menyeberang dengan perahu motor. Meskipun jauh, tapi pantai Ling’al adalah salah satu tempat paling keren di Alor. Garis pantai yang memanjang dan landai dengan pasir putihnya yang halus menjadi ciri khas pantai Ling’al.

Terbukti kan kalau Alor tak hanya cantik di bawah laut, tapi juga di permukaan. Segera masukkan Alor dalam bucketist kamu untuk menjelajah Nusa Tenggara Timur.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *