Ada Taj Mahal kecil di Malang, Jawa Timur?

Masjid Salman Alfarisi, atau biasa disebut Masjid Salman, sering disebut sebagai “Taj Mahal-nya Malang” karena memiliki sedikit kemiripan gaya arsitektur dengan Taj Mahal di India.

Masjid ini memiliki kubah berbentuk bulat seperti Taj Mahal yang merepresentasikan pengaruh Hindu dan Islam. Interiornya pun cukup unik, dengan bagian tengah yang terdapat empat pilar berukuran besar.

Begitu juga dengan pintu utama Masjid Salman yang menghadap selatan, bukan menghadap barat sebagaimana masjid umumnya -meskipun Masjid Salman tetap memiliki pintu menghadap barat.

Masjid Salman dibangun sejak tahun 2012 dan berakhir pada pertengahan 2017. Masji ini memiliki luas bangunan 1.600 meter persegi dengan sejumlah kubah dan menara yang cantik.

Tak heran, hampir setiap hari banyak pengunjung yang datang untuk beribadah sekaligus berwisata dengan berfoto di berbagai area masjid.

Pengurus takmir menyampaikan bahwa sebenarnya pengurus tidak pernah menjuluki masjid ini sebagai “Taj Mahal”. Namun para jamaah dan pengunjung -termasuk wisatawan yang datang kerap menyebutnya seperti Taj Mahal.

Gaya arsitektur masjid yang megah dan unik ini memang dimaksudkan untuk menarik perhatian pengunjung, jamaah, sekaligus menarik minat donatur.

Lokasi masjid ini agak jauh dari pemukiman penduduk karena memang berada di lahan atau area Pondok Pesantren yang berkonsentrasi pada Al-Quran dan bahasa Arab.

Pondok Pesantren ini berada di bawah naungan Yayasan Asunah Husnul Khotimah. Sedangkan pengelolaannya dilakukan bersama Muhammadiyah Kabupaten Malang.

Lokasi dan rute menuju Masjid Salman Alfarisi

Masji Salman berada di Karang Ampel, Karangwidoro, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Untuk menuju masjid ini bisa dari arah kota Malang menuju arah Tidar. Kemudian terus menuju Karang Widoro. Hanya ada satu jalan menanjak menuju masjid ini dan dari tepi jalan sudah terlihat kemegahan Masjid Salman Alfarisi.

Beri Komentar