Mengenal Hie Jinja, Kembaran Fushimi Inari di Tokyo

Fushimi Inari di Tokyo? Bukannya Fushimi Inari adanya di Kyoto?

Jangan kaget. Deretan tori (gerbang kayu berwarna oranye kemerahan) yang sepintas mirip Fushimi Inari di Kyoto ini bisa kamu kunjungi saat berada di ibu kota Jepang, Tokyo. Namanya Hie Jinja, atau Kuil Hie.

Dibandingkan dengan yang di Kyoto, Hie Jinja ini relatif lebih sepi karena memang jarang dikunjungi wisatawan asing. Pengunjung yang datang pun kebanyakan warga lokal yang berdoa di kuil. Jadi tak heran kalo kamu bisa foto sepuasnya di tori-tori Hie Jinja tanpa khawatir kena photobomb alias “bocor” seperti halnya di Fushimi Inari yang sangat-sangat ramai dan touristy.

Bangunan utama Hie Jinja saat musim semi
Berdiri kokoh di antara gedung pencakar langit Tokyo

Hie Jinja dibangun pada abad ke-8 dan dipindahkan ke sisi timur Istana Kaisar Tokyo oleh penguasa wilayah saat itu, Ota Dokan, yang juga dikenal sebagai arsitek Edo Castle dan Imperial Palace. Kuil ini ditetapkan sebagai First Class Government Shrine sebelum Perang Dunia 2 sebagai tempat ibadah yang sangat dihormati orang Tokyo.

Bangunan utama kuil ini pernah rusak dan terbakar selama Perang Dunia 2, namun kemudian direnovasi dan kembali dibuka pada tahun 1958. Kuil ini dibangun sebagai tempat ibadah agama Shinto sekaligus tempat tinggal Kami atau roh leluhur pelindung keluarga Tokugawa.

Tangga menuju tori Hie Jinja

Untuk mengunjungi kuil ini wisatawan tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Pintu masuk utama menuju uil ada di sisi timur yang menghadapi Gedung DPR-nya Jepang. Ada dua patung penjaga kuil, yaitu Yadaijin dan Saidaijin.

Deretan tori di Hie Jinja

Sedangkan untuk lokasi tori-tori yang berjejer mirip di Fushimi Inari, letaknya ada tangga naik di sisi barat kuil. Kita bisa berkeliling dan melihat bangunan Haiden yang digunakan pengunjung yang beribadah untuk berdoa.

Sepintas mengingatkan kita pada Fushimi Inari di Kyoto

Pada hari biasa, Hie Jinja relatif sepi. Bisa jadi, hanya kamulah wisatawan asing yang ada di kuil ini. Sisanya adalah warga lokal yang singgah atau berdoa di kuil. Periode paling ramai di kuil ini adalah pada bulan Juli yang digelar festival terbesar di Tokyo yaitu Sanno Matsuri.

Deretan tori di Hie Jinja merupakan tangga masuk kuil

Menuju Hie Jinja

Rute paling mudah adalah dari Tokyo Station atau Shinjuku Station, kemudian naik kereta Tokyo Metro Marunouchi Line dan turun di Stasiun Kokkai-gijidomae. Kalo kamu naik Subway bisa turun di Akasaka-Mitsuke station kemudian jalan kaki sekiar 10 menit untuk sampai di Hie Jinja.

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar