Kolbano, Potret Keindahan Pantai Timor Tengah Selatan

Setelah dari Pantai Oetune, sempatkan waktu untuk singgah di Pantai Kolbano, destinasi lain yang tak kalah cantiknya di Pulau Timor.

Lokasi Pantai Kolbano berada di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan jarak kurang lebih hanya 30-45 menit saja dari Pantai Oetune.

Gazebo sederhana di dekat Fatu Un Pantai Kolbano

Melewati jalanan perbukitan yang naik turun dari Pantai Oetune ke Pantai Kolbano tak akan terasa lama karena pemandangan sawah, ladang, pantai, dan lautan biru di sepanjang sisi jalan.

Pemandangan Pantai Kolbano dari ketinggian

Setibanya di Pantai Kolbano, kita akan langsung menemukan keunikan pantai ini. Pasir pantai Kolbano dipenuhi bebatuan kecil dengan ukuran dan warna yang beragam: putih, abu-abu kehijauan, jingga, coklat muda, bahkan ada yang berwarna pink.

Pantai Kolbano juga memiliki ciri khas lainnya yaitu sebuah batu karang raksasa, penduduk setempat menyebutnya “Fatu Un”. Sepintas, bentuk batu ini terlihat menyerupai kepala singa jika dilihat dari sisi samping.

Fatu Un, batu karang ciri khas Pantai Kolbano
Pantai Kolbano dan anak-anak desa lokal

Wisatawan bisa naik ke atas Fatu Un ini dan menikmati pemandangan pantai Kolbano dari ketinggian. Tetap hati-hati karena beberapa bagian batu cukup licin dan masih sangat alami, tanpa tangga atau pegangan.

View pantai Kolbano dari atas Fatu Un

Seperti halnya di Pantai Oetune, di lokasi ini biasanya kita juga akan dihampiri oleh anak-anak yang tinggal di sekitar pantai. Mereka ramah dan tidak mengganggu kenyamanan kita di pantai.

Anak-anak pantai Kolbano ini juga kreatif. Mereka tanpa ragu menawarkan bantuan untuk memotret kita dari beberapa spot dan angle yang instagramable. Mereka bisa memainkan komposisi sedemikian rupa, termasuk foto dengan latar belakangg Fatu Un yang mirip kepala singa.

Bawalah bekal makanan atau minuman sendiri bila berkunjung ke pantai ini. Tak banyak warung penjual makanan dan minuman, tapi kita bisa memesan kelapa muda segar mulai lima ribu rupiah saja!

Garis pantai yang memanjang di Kolbano

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar