Pantai Oetune, Gurun Pasir Eksotis di Pulau Timor

Gurun pasir di Indonesia?

Ini bukan gurun pasir Afrika Utara atau Timur Tengah, tapi ini di Nusa Tenggara Timur, namanya Pantai Oetune.

Pantai Oetune berada di desa Tuafanu dan Oebelo, Kecamatan Timor Tengah Selatan. Jaraknya sekitar dua jam perjalanan dari ibukota Nusa Tenggara Timur, Kupang.

Pantai ini identik dengan keindahan panorama pasir dan langit biru yang melengkapi keindahan pantai Oetune. Pasirnya berkontur mengikuti tiupan angin dan warnanya kuning kecoklatan.

Ciri khas lain dari Pantai Oetune adalah deretan pohon lontar dan pohon kasuari pada salah satu sisi pantai. Pemandangan ini tidak kita temukan di destinasi lain yang serupa, seperti Gumuk Pasir di Yogyakarta dan Mui Ne di Vietnam.

Saat berjalan menuju lokasi “padang pasir” di Pantai Oetune ini seringkali kita ditemani anak-anak kecil yang tinggal di sekitar pantai. Mereka dengan senang hati akan menunjukkan pada kita spot-spot foto yang instagramable.

Anak-anak di sekitar Pantai Oetune ini kadang juga menawarkan buah lontar pada pengunjung. Dengan lima ribu rupiah saja kita sudah bisa menikmati segarnya air dan daging buah lontar di tepi pantai.

Saat memasuki area pantai, kita juga melewati beberapa rumah tradisional Pulau Timor yang disebut lopo-lopo. Di sekitar pantai juga terdapat gazebo untuk berteduh serta toilet dan kamar bilas, meski jumlahnya tak banyak dan kadang tak ada airnya.

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar