Pemandangan Bromo dari Puncak Seruni Setelah Kembali Buka

Jumat pagi, 14 Agustus 2020. Ini adalah hari kedua sejak wisata Gunung Bromo kembali dibuka setelah lima bulan lebih ditutup karena pandemi virus corona.

Tapi tidak semua area wisata Gunung Bromo yang dibuka, hanya beberapa titik dari jalur Probolinggo, yaitu Puncak Seruni atau Seruni Point, P30, dan air terjun Madakaripura.

Untuk menuju Puncak Seruni harus melewati sekitar 250 anak tangga ini
Landscape Bromo, Semeru, dan Gunung Batok dari Puncak Seruni

Sedangkan untuk spot-spot yang melewati area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) seperti Penanjakan, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Kawah Bromo, Lautan Pasir, dan Bukit Teletubbies masih belum dibuka. Kapan pembukaan keseluruhan area taman nasional ini masih menunggu edaran dari TNBTS.

Empat pilar menyerupai gapura di Puncak Seruni
Puncak Seruni yang berkabut tipis di pagi hari

Khusus di Seruni Point, suasana di pada hari kedua dibukanya kembali Bromo masih relatif sepi. Hanya ada lima Jeep dan beberapa wisatawan yang bisa dihitung dengan jari.

Mungkin ini adalah suasana Bromo paling sepi dari belasan kali saya pergi ke beberapa tempat di obyek wisata gunung paling populer di Jawa Timur ini.

Bromo pada hari kedua setelah dibuka kembali pasca tutup corona
Belum semua area Taman Nasional Bromo dibuka untuk wisatawan

Bagaimana dengan protokol kesehatan? Pengunjung wajib memakai masker mulai di dalam Jeep, dicek suhu tubuh di beberapa pos, dan jaga jarak di dalam Jeep.

Khusus periode awal new normal ini, tiap Jeep diberi sekat dari plastik dan jumlah penumpang maksimal empat orang, termasuk sopir.

Bunga bermekaran di pagi yang dingin dan sepi di Puncak Seruni
Kawasan desa di atas awan yang menjadi pemandangan khas Tengger
Kabut pagi menyelimuti hampir semua area lautan pasir Bromo

Beberapa warung di jalur pendakian ke puncak Seruni Point juga sudah mulai buka, termasuk toilet dengan air bersih dan beberapa warga yang menawarkan jasa naik kuda dengan harga mulai RP 50 ribu rupiah per orang.

Setelah lima bulan lebih ditutup, suasana di Bromo tampak lebih sejuk dan bersih
Bromo tanpa kunjungan manusia selama lebih dari lima bulan

Foto: @alexjourney.id

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar

Scroll Up