Pertama Kali ke Vietnam, Pilih Hanoi atau Ho Chi Minh City?

Pertama kali ke Vietnam? Kadang memang agak ribet menentukan antara mesti ke Hanoi atau Ho Chi Minh City.

Pertama, perlu diketahui bahwa ibukota Vietnam adalah Hanoi, bukan Ho Chi Minh City, yang dulu disebut Saigon. Tapi Ho Chi Minh City sering dianggap sebagai kota paling maju dan modern di Vietnam, atau setidaknya bisa disebut sebagai kota metropolitannya Vietnam.

Dari letak geografis Hanoi berada di Vietnam utara, relatif lebih dekat dengan China, sehingga kultur dan budaya China masih sangat kuat di sini. Sementara Ho Chi Minh City ada di kawasan selatan, relatif sejajar dengan Kamboja dan Thailand, sehingga suasana Indochina yang lebih modern lebih terasa di kota ini.

Karena letaknya relatif dekat dengan China, cuaca di Hanoi lebih dingin pada akhir dan awal tahun. Suhu paling dingin bisa mencapai 10 derajat celcius di Hanoi, sedangkan cuaca di Ho Chi Minh City sepanjang tahun hampir sama dengan Bangkok, Kuala Lumpur, bahkan Jakarta.

Gimana kalo mau pergi dari Ho Chi Minh City ke Hanoi atau sebaliknya? Bisa naik bis atau kereta, dengan waktu tempuh lebih dari 24 jam. Paling simpel dan cepet sih naik pesawat, sekitar 2 jam, seperti jarak antara Jakarta dan Denpasar.

Untuk penerbangan dari Indonesia, saat ini BELUM ADA direct flight atau penerbangan langsung ke Hanoi. Kamu mesti transit dulu di Kuala Lumpur atau Singapura, atau bisa juga transit Bangkok. Sedangkan untuk rute Jakarta – Ho Chi Minh City sudah ada penerbangan langsung dengan Garuda Indonesia dan Vietnam Air (full service) dan Vietjet (low cost).

Hanoi

Kalo kamu tipe traveler yang independen, suka menjelajah tempat-tempat baru, budaya baru yang lebih tradisional, dan terbiasa traveling ala backpacker, Hanoi cocok untuk kamu. Destinasi wisata di Hanoi dan sekitarnya identik dengan wisata alam berupa laut, pulau, danau, serta wisata budaya semacam kuil dan pagoda, diantaranya Bai Dinh, Halong Bay, Ninh Binh, Kong Island, Da Lat, Sa Pa, dan Ha Giang.

Ho Chi Minh City

Kota ini cocok untuk kamu yang suka gaya liburan ala koper, wisata belanja, foto-foto cantik di tempat-tempat bersejarah, museum, dan coffee shop kekinian bergaya urban. Beberapa tempat wisata yang bisa diakses dengan one day trip dari Ho Chi Minh City diantaranya adalah wisata Chi Chi Tunnel dan Mekong Delta River.

Jadi, pilih Hanoi atau Ho Chi Minh City?

Hanoi masih jadi pilihan saya.

Meskipun tiket pesawat dari Indonesia ke Hanoi sedikit lebih mahal dibandingkan ke Ho Chi Minh City (bisa diakali dengan hunting tiket promo Air Asia dari Kuala Lumpur atau Scoot dari Singapura) tapi lebih banyak yang otentik tentang Vietnam di Hanoi. Selain itu, akses darat ke destinasi lain di kawasan Vietnam bagian utara seperti Ninh Binh, Sa Pa, Ha Giang, Kong Island, Cat Ba Island, dan Halong Bay lebih cepat dan mudah dari Hanoi.

Best time to visit

Periode terbaik ke Hanoi dan tempat-tempat wisata sekitarnya adalah antara bulan Maret sampai Mei, dan Agustus sampai Oktober. Hindari bulan Februari, Juni, dan Juli karena ini musimnya libur panjang di Vietnam. Akhir dan awal tahun juga kurang cakep karena sering hujan, angin, dan kabut cuaca dingin dari utara.

Sedangkan untuk Ho Chi Minh City, cuacanya relatif hangat sepanjang tahun. Periode akhir dan awal tahun (November sampai Februari) biasanya sering hujan, sedangkan bulan Maret sampai Oktober cuaca relatif cerah. Tapi perhatikan periode tertentu saat ada badai tropis dari Laut China Selatan, biasanya di bulan Juli dan Agustus.

Itinerary satu minggu di Ho Chi Minh City dan Hanoi

Untuk waktu liburan seminggu, idealnya kamu bisa dapet dua-duanya, Hanoi dan Ho Chi Minh City. Berikut contoh itinerary liburan tujuh hari di Vietnam.

Hari Pertama
Penerbangan langsung Garuda Indonesia dan Vietnam Airlines dari Jakarta ke Ho Chi Minh City landing jam 6 sore di Tan Son Nhat International Airport. Kalo ingin memaksimalkan waktu pada hari pertama di Ho Chi Minh City, cari penerbangan yang landing siang atau sore, sehingga kamu masih punya waktu untuk pergi ke beberapa spot di sekitar pusat kota, seperti Ho Chi Minh Central Post Office, Notre Dame Cathedral, Reunification Palace, dan pusat belanja paling populer Ben Thanh Market.

Ho Chi Minh Central Post Office

Hari Kedua
One day trip Mekong Delta adalah opsi favorit wisatawan yang berlibur ke Ho Chi Minh City. Perjalanan menuju Mekong Delta ditempuh dengan minibus atau van wisata selama kurang lebih 2,5 jam. Selama perjalanan tour ini, kamu akan menikmati dan merasakan kehidupan sehari-hari warga di sekitar Sungai Mekong dengan naik perahu bambu yang dikayuh warga lokal.

Menyusuri sungai Mekong di dekat Ho Chi Minh City

Hari Ketiga
Tour menuju Chu Chi Tunnel juga salah satu yang jarang dilewatkan oleh wisatawan yang ke Ho Chi Minh City. Jaraknya dari pusat kota sekitar 30 km, bisa kesini dengan group tour atau jalan sendiri naik bis umum (Bis 13 dari BEN CV 23/9 Bus Station). Chu Chi Tunnel adalah terowongan bekas Perang Vietnam yang beberapa bagiannya kini sudah jadi museum dan banyak dikunjungi wisatawan.

Seorang tour guide memperagakan cara sembunyi di Chu Chi Tunnel

Tour Mekong Delta dan Chu Chi Tunnel sebenarnya bisa digabung dalam sehari, tapi saya rekomendasikan masing-masing untuk ambil one day tour dari Ho Chi Minh City agar lebih puas explore dan waktunya tidak terlalu terbatas.

Hari Keempat
Setelah puas explore wisata kota Ho Chi Minh City, Mekong Delta, dan Chu Chi Tunnel, saatnya terbang ke Hanoi. Carilah penerbangan pagi atau siang agar masih ada waktu keliling pusat wisata Hanoi di kawasan Old Quarter. Di sini ada beberapa destinasi wisata seperti Hoan Kiem Lake, St. Joseph Cathedral, Water Puppet Show, Tran Quoc Pagoda, Ho Chi Minh Mousoleum, Temple of Literature, hingga bekas penjara Perang Vietnam yang kini jadi museum, Hoa Lo Prison.

Jembatan merah di tengah-tengah Hoan Kiem Lake, Hanoi

Hari Kelima
Halong Bay adalah destinasi wajibnya tiap traveler yang ke Vietnam. Dari Hanoi, perjalanan ditempuh sekitar tiga jam. Di Halong Bay, kamu akan naik perahu wisata (Halong Junk Cruise), makan siang di kapal, bermain kano, dan explore goa. Kalo ambil paket menginap semalam di kapal, kamu akan menuju Titop Island dengan view kayak gini dari puncaknya…

Pemandangan Halong Bay dari puncak bukit Titop Island

Hari Keenam
Kalo kamu ke Hanoi, Ninh Binh adalah destinasi wajib kedua setelah Halong Bay. Ninh Binh menawarkan pemandangan danau dan sungai yang dikelilingi tebing karang. Pada tour ini kamu juga akan mengunjungi Bai Dinh Pagoda, komplek pagoda terluas di Vietnam, serta pulau dan dewa wisata Kong Island, lokasi syuting film Kong Skull Island.

Ninh Binh, destinasi seperti Halong Bay di kawasan selatan Hanoi

Hari Ketujuh
Karena tidak ada penerbangan langsung dari Hanoi ke Indonesia, pilihannya adalah transit di Ho Chi Minh City, Kuala Lumpur, Singapura, atau Bangkok. Carilah penerbangan pagi karena perlu jeda waktu beberapa jam saat transit, sebelum melanjutkan penerbangan ke Indonesia.

Setelah explore Hanoi dan Ho Chi Minh City, pastinya kamu penasaran kan dengan destinasi kota-kota lain di Vietnam? Kota mana saja dan ada apa saja disana? Simak di tulisan berikutnya.

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar