Rekomendasi Hotel dan Hostel Murah di Asakusa Tokyo

Liburan ke Jepang biasanya identik dengan liburan mewah dan mahal. Anggapan itu nggak sepenuhnya bener juga sih karena gaya liburan tiap orang kan beda-beda.

Tapi memang, anggaran paling gede buat liburan ke Jepang itu ada dua: akomodasi dan transportasi. Jadi buat kamu yang pengen liburan ala backpacker alias budget terbatas, banyak pilihan hostel dengan harga di bawah RP 300 ribu per malem.

Jangan khawatir, meskipun budget kecil, tapi hostel-hostel di Jepang umumnya sangat nyaman, aman, tenang, dan modern. Kamu juga bisa berinteraksi dengan traveler lain dari penjuru dunia yang kebetulan juga lagi nginep di hostel yang sama.

Beberapa fasilitas yang umumnya ada di hostel-hostel Jepang antara lain:

• Free Wifi
• Ada female dan mixed dorm, private room, Ryokan style room
• Ada female, male, dan mixed toilet bathroom dengan amenities, biasanya gratis handuk dan hair dryer
• Dapur 24 jam, free American style breakfast, dan free teh-kopi
• Common room dengan televisi dan buku-buku bacaan
• PC dengan internet gratis, kadang juga bisa ngeprint gratis
• Bisa titip ransel dan koper sebelum atau setelah waktu check-in/check-out
• Ada beberapa kegiatan semacam cooking class dan origami class antar traveler penghuni hostel
• Sewa sepeda, tiket subway, tiket bis, dan tiket atraksi dengan diskon khusus
• Bisa group booking, jadi kamu dan temen-temen satu geng bisa booking satu kamar dorm

Berikut ini sepuluh rekomendasi hostel di Tokyo, khususnya di Asakusa.

Sakura Hostel Asakusa

Alamat: 2-24-2 Asakusa, Taito-ku, Tokyo, Japan.
Harga Dorm Bed: mulai RP 350 ribu semalem.
Harga Private Room: mulai satu jutaan untuk weekday dan non peak-season.

Beberapa kali nginep di Sakura Hostel Asakusa dan nggak pernah kecewa dengan pelayanan dan fasilitas yang ada. Lokasinya juga paling deket dengan Sensoji Temple.

Kalo nginep di Sakura Hostel Asakusa ini kamu juga bisa dapet diskon tiket terusan Tokyo Subway (24 jam 800 Yen, 48 Jam 1200 Yen, dan 72 jam 1500 Yen).

Yang juga seru dari hostel ini rutin bikin semacam gathering antar traveler dengan beberapa aktivitas seperti Geisha Night Show, nonton pertandingan Sumo, Baseball, cooking class, dan lain-lain. Jadwalnya bisa lihat di sini.

K’S House Tokyo Backpackers Hostel

Alamat: 20-10, Kuramae 3-chome, Taitou-ku, Tokyo, Japan.
Harga Dorm Bed: mulai RP 360.000
Harga Private Room: mulai RP 950.000

K’S House Tokyo Backpackers Hostel ini salah satu cabang group hostel di Jepang. Selain di Tokyo, K’S House juga ada di Kyoto, Hiroshima, Hakone, Takayama, Kawaguchiko, dan Ito.

Untuk yang di Tokyo ini lokasinya cuman satu menit jalan kaki dari stasiun subway Kuramae dan sepuluh menit dari stasiun subway Asakusa.

K’S House Tokyo Oasis Quality Hostel

Alamat: 14-10, Asakusa 2-Chome, Taito-ku, Tokyo, Japan
Harga Dorm Bed: mulai RP 375.000
Harga Private Room: mulai RP 1.150.000

K’S House Tokyo Oasis ini masih satu group dengan K’S House Tokyo Backpackers Hostel, lokasinya sekitar 3 menit jalan kaki dari Asakusa station Tsukuba express line, masih di area Asakusa yang populer dengan Kaminarimon dan Sensoji Temple. Selain dormitory room, di sini juga punya private room dengan private bath, toilet dan towel. Di hostel ini juga bisa laundry.

Khaosan Tokyo Laboratory

Alamat: 2-1-4 Nishi-Asakusa, Taito-ku, Tokyo, Japan
Harga Dorm Bed: mulai RP 350.000
Harga Private Room: mulai RP 1.350.000

Laboratorium? Nama hostel di Jepang memang unik-unik. Jangan bayangin hostel ini kayak laboratorium ya! Konsep hostel ini minimalis dan colorful. Cocok buat traveler yang bawa anak kecil (gratis untuk anak-anak di bawah 6 tahun). Lokasinya masih di area Sensoji Temple dan pusat belanja Nakamise Street. Stasiun subway terdekat: Asakusa Station.

Oak Zen Hostel

Alamat: 3-3-3 Negishi, Taito-ku, Tokyo, Japan
Harga Dorm Bed: mulai RP 250.000
Harga Private Room: mulai RP 1.800.000

Lokasinya di area Ueno Park dengan stasiun JR paling dekat di Uguisudani Station (Yamanote Line), sedangkan untuk stasiun subway paling dekat di Iriya (Hibiya Line). Ada koin laundry dan dryer, grati kopi dan teh 24 jam di dapur, ada PC lounge dan bisa ngeprint gratis kalo diperlukan.

Oak Zen Hostel ini merupakan salah satu cabang dari group Oak Hostel. Tiga lainnya yaitu Oak hostel Cabin (Tokyo), Oak hostel Nara (Nara), dan Oak Hostel Sakura (Tokyo Sky Tree).

Khaosan Tokyo Origami

Alamat: 3-4-12, Asakusa, Taito-ku, Tokyo, Japan
Harga Dorm Bed: mulai RP 300.000
Harga Private Room: mulai RP 1.100.000

Khaosan Tokyo Origami ini salah satu cabang dari Khaosan Tokyo Group yang punya belasan hostel di Jepang. Sesuai namanya, dekorasi dari hostel ini banyak yang terbuat dari origami, seni melipat kertas ala Jepang. Khusus di Khaosan Tokyo Origami ini juga bisa menikmati city view Asakusa dari lounge dan dapur.

Khaosan Tokyo Kabuki

Alamat: 1-17-2 Asakusa Taitou-ku, Tokyo, Japan
Harga Dorm Bed: mulai RP 275.000
Harga Private Room: mulai RP 1.600.000

Cocok buat backpacker yang perlu akomodasi 1-2 malem begitu sampai Tokyo. Lokasinya cuman semenit dari Kaminarimon di Asakusa dan tentu saja juga masih di area pusat perbelanjaan Nakamise Street. Karena hampir semua dorm-bed, di hostel ini tidak menerima anak kecil di bawah 10 tahun.

Khaosan Tokyo Samurai

Alamat: 3-16-10, NishiAsakusa, Taito-ku, Tokyo, Japan
Harga Dorm Bed: mulai RP 200.000

Sesuai namanya, hostel ini bertema samurai. Ada beberapa asesoris yang bikin kita berasa balik ke jaman Edo. Kamar dan common room-nya juga bernuansa Samurai. Ada teras rooftop buat bersantai kalo cuaca lgi oke dengan view Tokyo Skytree.

The Micro Museum Hostel

Alamat: Kichijoji Minami Building 2nd floor 2-2-4 Kichijoj, Musashino-shi , Tokyo, Japan
Harga Dorm Bed: mulai RP 350.000
Harga Private Room: mulai RP 1.850.000

Ada dua The Micro Museum Hostel di Tokyo, satu di Higashi Nihombasi dan yang satunya di Higashi Nippori. Yang di sini adalah yang pertama, lokasinya cuman dua menit dari stasiun subway Higashi Nihombasi.

Awalnya saya agak kesusahan dan sempet nyasar cari hostel ini, apalagi malem-malem dan hujan gerimis. Tapi begitu sampai, wow ini hostel keren juga. Minimalis, modern, sangat tenang, dan bersih. Uniknya, selama dua malem nginep hostel ini, saya sama sekali nggak pernah ketemu petugas atau karyawan hostel. Bahkan uang pembayaran hostel pun disuruh taruh di bawah bantal. Semua komunikasi lewat email dan telepon, meskipun bahasa Inggris orangnya agak susah dimengerti.

Khaosan World Asakusa Ryokan & Hostel

Alamat: 3 Chome-15-1 Nishiasakusa, Taito City, Tokyo 111-0035, Japan
Harga Dorm Bed: mulai RP 150.000
Harga Private Room: mulai RP 1.500.000

Hostel terakhir dari sepuluh rekomendasi hostel di Tokyo ini paling sering dan paling lama saya tempati, karena lokasinya paling nyaman dan tenang di area Asakusa.

Selain kamar dormitory di lantai 6 (termasuk female dorm), di hostel ini juga ada family room (Ryokan Japanese Style Room) dan capsule hotel. Family room cocok untuk yang bawa anak kecil karena juga ada tempat bermain di dalamnya. Free wifi di semua lantai, ada common room sekaligus ruang karaoke, dan dapur 24 jam. Mulai tahun ini di hostel ini juga gratis American breakfast. Juga ada laundry 300 yen (8 kg) dan pengering 100 yen (20 menit).

Cara Menuju Asakusa

Cara paling cepat dan murah ke Asakusa adalah dengan naik subway dan turun di stasiun Asakusa. Stasiun ini dilewati jalur subway Asakusa Line dan Ginza Line. Kamu bisa download peta jalur subway Tokyo di sini.

Dari Bandara Haneda/Narita

Ada kereta langsung (tanpa pindah kereta/stasiun) bandara Haneda dan Narita dari/ke Asakusa. Naik Asakusa Line Airport Express (kurang lebih 1 jam 15 menit dari/ke Narita dan 45 menit dari/ke Haneda.

Dari Shinjuku Station

Naik JR Chuo Line menuju Kanda Station kemudian pindah jalur subway Ginza menuju Asakusa Station.

Dari Tokyo Station

Naik JR Yamanote Line menuju Kanda Station lalu pindah ke jalur subway Ginza Line menuju Asakusa.

Tambahan: Kenapa pilih hostelnya di Asakusa?

Asakusa lokasinya sangat strategis di Tokyo, area yang pas untuk traveler karena lokasinya strategis, aksesnya yang mudah, banyak pilihan hotel dan hostel, serta cuma perlu jalan kaki ke spot-spot wisata dan belanja paling populer di Tokyo.

Apa aja spot wisata dan aktivitas yang bisa kamu lakukan di Asakusa? Lihat selengkapnya di artikel ini.

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar