Seruni Point, Spot Sunrise Baru di Bromo

Satu lagi view point matahari terbit atau sunrise di kawasan Gunung Bromo, yaitu Seruni Point atau Puncak Seruni di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Kalau biasanya wisatawan menunggu sunrise Bromo di Penanjakan 1, Penanjakan 2, Bukit King Kong, atau Bukit Cinta, sekarang ada spot sunrise baru yang lebih cakep, yaitu puncak Seruni atau Seruni Point.

Sunrise Bromo dari puncak Seruni Point

Di titik dengan ketinggian 2.500 mdpl ini, ada gardu pandang yang baru selesai dibangun pemerintah melalui Kementerian Pekerjanya Umum dan Perumahan Rakyat senilai Rp 4 miliar (hmmm angka yang lumayan fantastis ya).

Sunrise Bromo dari puncak Seruni Point

Gardu pandang ini berupa anak tangga menuju puncak Seruni Point yang menyerupai tembok Cina. Menurut warga setempat, total ada 250 anak tangga menuju puncak Seruni. Dari tempat parkir jeep menuju tangga ini, kamu mesti jalan nanjak selama kurang lebih 20-30 menit. Kalo capek atau merasa gak kuat, bisa naik kuda dengan biaya sewa Rp 100 ribu per orang.

Sunrise Bromo dari puncak Seruni Point

Dari tempat ini, Gunung Batok, Kawah Bromo, dan Gunung Semeru tampak berdiri berjejer. Dinding kaldera yang memisahkan Dusun Cemorolawang dan lautan pasir Gunung Bromo juga terlihat jelas. Dari pengalaman saya bolak-balik ke Bromo sampai bosan, Seruni Point ini adalah view terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Bromo.

Sunrise Bromo dari puncak Seruni Point

Sunrise Bromo dari puncak Seruni Point

Next time ke Bromo, pastikan kamu singgah di puncak Seruni atau Seruni Point untuk menikmati sunrise.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *