Surga Tropis El Nido, Raja Ampat-nya Filipina

Bukan tanpa alasan Tripadvisor dan Travel Leisure memilih Palawan sebagai destinasi terbaik dunia dalam dua tahun berturut-turut.

Palawan yang berada di bagian selatan Filipina ini punya deretan pulau, pantai, bukit, dan taman bawah laut yang eksotis. Sepintas mirip pulau-pulau di kawasan timur Indonesia seperti Maluku dan Raja Ampat.

Baca juga:
Mabuhay! 10 Destinasi Untuk Liburan Sehari di Manila
10 Kuliner Lokal Untuk Food Adventure di Filipina

Small Lagoon
Small Lagoon ini spot paling populer dan paling cakep di El Nido. Danau air biru kehijauan dikelilingi bukit karst, sepintas bikin kita inget Raja Ampat. Snorkeling dan main kayak adalah dua hal yang bisa kamu lakukan untuk menikmati Small Lagoon. Spot ini ada di Tour A.

Main kayak di Small Lagoon, El Nido
Main kayak di Small Lagoon, El Nido

Seven Commandos Beach
Spot ini juga ada di Tour A, biasanya jadi tempat terakhir sebelum balik ke El Nido. Pantai ini terkenal dengan pasir putih dan air laut jernih untuk berenang dan snorkeling.

Snake Island
Pulau yang penuh ular? Bukan. Dinamakan snake island karena pulau ini punya pasir timbul memanjang yang berkelok menyerupai ular. Cuma bisa dinikmati pas air laut surut. Pulau ini ada di paket Tour B.

Pasir timbul yang memanjang di "Pulau Ular"
Pasir timbul yang memanjang di “Pulau Ular”

Matinloc Island
Sebuah gereja tua di tengah pulau dan view point dari puncak tebing karang adalah dua spot utama di Matinloc Island. Cocok dikunjungi pada pagi sampai siang. Lokasi ini ada di paket tour C.

View dari puncak Matinloc Island
View dari puncak Matinloc Island

Secret Beach
Sesuai namanya, untuk “masuk” pantai ini kita harus berenang dan menyelam lewat celah sempit berukuran lebar dua meter. Arus laut lepas yang kuat bikin kita mesti hati-hati saat masuk. Sampai di dalam, kita bisa menikmati “pantai pribadi” yang tertutup batuan karang. Secret Beach ini ada di paket Tour C.

Hidden Beach
Tak hanya pantai rahasia, ada juga pantai tersembunyi. Hidden Beach ini biasanya dikunjungi pada spot terakhir paket Tour C. Seperti namanya, pantai ini ditutupi batuan karst yang menjulang tinggi. Hidden beach yang tak terlalu ramai ibarat danau pribadi di tengah batuan karang El Nido.

Berasa di pantai pribadi kalo berenang di Hidden Beach
Berasa di pantai pribadi kalo berenang di Hidden Beach

Las Cabanas Beach
Pantai Las Cabanas adalah spot terbaik untuk menikmati sunset dan melepas lelah setelah seharian island hopping di El Nido. Tersedia beberapa bar dan restoran di pinggir pantai. Lokasinya sekitar 15 menit perjalanan naik tricycle dari pusat keramaian El Nido.

Pantai berpasir putih di Las Cabanas
Pantai berpasir putih di Las Cabanas

Simizu Island
Spot terbaik untuk snorkeling di El Nido ada di sekitar pulau ini. Ragam karang dan spesies ikan di perairan Simizu Island sangat beragam. Di pulau ini juga biasanya wisatawan menikmati makan siang yang disajikan tour guide. Simizu Island ada di paket Tour A.

Shimizu Island, spot snokeling dan diving
Shimizu Island, spot snokeling dan diving

Helikopter Island
Dari kejauhan, bentuk pulau ini memang seperti helikopter, tanpa baling-baling pastinya. Pulau tak berpenghuni ini dikunjungi pagi hari pada paket Tour C. Tak telalu istimewa memang, tapi cukup menarik sebagai spot foto sebelum mulai island hopping di El Nido.

Beneran mirip helikopter atau bukan sih?
Beneran mirip helikopter atau bukan sih?

Taraw Cliff
Ini yang paling ekstrem di El Nido. Kita harus melewati jembatan tali dan trekking selama 30 menit untuk mencapai puncak. Begitu sampai puncak Taraw Cliff, rasa capek dan lelah akan terbayar dengan panorama landscape El Nido yang eksotik.

View point dari puncak Taraw ini bikin pengen ke El Nido kan?
View point dari puncak Taraw ini bikin pengen ke El Nido kan?

HOW TO GET THERE

El Nido

Tidak ada direct flight dari Indonesia ke Palawan. Kamu bisa ambil penerbangan menuju Manila, kemudian ambil domestic flight ke Puerto Princesa. Untuk maskapai low cost, pilihannya ada Jetstar, AirAsia, dan Cebu Pacific.

Dari Puerto Princesa, kamu bisa naik van atau bis ke El Nido dengan lama perjalanan sekitar enam jam. Harga tiket bis AC Puerto Princesa ke El Nido 480 Peso atau sekitar Rp 125.000 per orang. Rute sebaliknya bisa kamu ambil untuk perjalanan pulang: dari El Nido ke Puerto Princesa kemudian terbang ke Manila atau kota lain di Filipina.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *