Beberapa hari ini temen-temen di group WA dan medsos lagi banyak yang ngomongin soal “International Tourist Tax” yang diberlakukan pemerintah Jepang sebesar 1000 Yen.

Di sini saya coba bantu jelasin ke temen-temen tentang International Tourist Tax ini. Jadi, pajak turis asing di Jepang ini berlaku mulai Senin, 7 Januari 2019. Nilai pajaknya sebesar 1000 Yen per orang, per sekali keberangkatan, bukan tiap hari, bukan dibayar pada saat pulang.

Pemerintah Jepang mengalokasikan pajak ini untuk menyempurkanan sistem layanan dan infrastruktur wisata seperti:
1. Menciptakan lingkungan wisata yang makin nyaman bagi para turis.
2. Menyempurnakan/improve akses informasi seiring makin banyaknya variasi jenis wisata di Jepang.
3. Membangun pusat-pusat wisata budaya dan kultur yang unik serta wisata alam lainnya yang ada di seluruh wilayah Jepang yang bisa dijadikan destinasi wisatawan.

Wajib pajaknya adalah semua wisatawan asing (temporary visitor) yang akan keluar dari wilayah Jepang, baik menggunakan transportasi angkutan darat, laut, dan udara. Meskipun Jepang gak punya batas darat dengan negara lain juga sih.

Ada beberapa pengecualian bebas pajak alias tax exemption, yaitu:
1. Anak-anak usia di bawah dua tahun
2. Wisatawan yang menggunakan tiket pesawt atau kapal laut yang dibeli sebelum tanggal 7 Januari 2019
3. Wisatawan transit maksimal 12 jam

Gimana cara bayarnya? Gak perlu ribet atau khawatir. Semua pembayaran International Tourist Tax sudah otomatis masuk dalam komponen harga tiket pesawat dan kapal laut, seperti airport tax. Gak perlu repot-repot mikir lahhh…

Wajar aja sih kalo Jepang narik pajak dari tiap wisatawan yang mampir Negeri Sakura. Toh, duit tersebut juga dipake buat pemeliharaan dan pengembangan wisata. Yang udah pernah ke Jepang pasti tau bener gimana bersih, nyaman, aman, dan enaknya semua fasilitas disono.

Satu lagi, 1000 Yen itu bukan angka yang besar dibandingin nilai/uang saku/belanja/makan/jastip kamu selama di Jepang. 1000 Yen yang setara Rp 130 ribu itu kira-kira sama dengan sekali makan porsi medium di Yoshinoya, sebotol air mineral, segelas wine atau bir, dan dua kue mochi atau onigiri di Seven Eleven/Lawson/Family Mart.

Catatan tambahan:
Kamu berhak menolak kalo ada trip operator/jasa wisata/travel/open trip/semacamnya yang meminta biaya tambahan 1000 Yen untuk tax ini, karena pajak ini otomatis sudah kamu bayar lewat tiket pesawat ke Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *