Setiap wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat dikenakan biaya “pin” sebesar Rp 500 ribu per orang. Pin ini berlaku selama satu tahun.

Saya pribadi, meskipun beberapa kali ke Raja Ampat sebagai guide, selalu “memperbarui” pin setahun sekali dengan membayar setengah juta. Sebuah angka yang saya kira pantas untuk biaya konservasi destinasi sekelas Raja Ampat.

Saya tidak tahu persis berapa yang terkumpul dari pin wisatawan Raja Ampat. Anggap saja dalam setahun ada 10 ribu wisatawan, artinya sedikitnya ada lima milyar dari pin tersebut. Angka yang relatif kecil untuk pengembangan aset wisata nomor satu di Indonesia.

Tapi setidaknya, dari 500 ribu yang kita keluarkan ke Raja Ampat itu sekarang sudah mulai terasa hasilnya. Di Misool, beberapa fasilitas baru selesai dibangun hanya dalam waktu kurang dari setahun.

Jetty di depan pintu masuk Goa Keramat

Seperti di Goa Keramat. Enam bulan yang lalu saya terakhir ke tempat ini. Tak ada pintu masuk dan dermaga yang tersedia pun sudah rusak, lapuk, dan roboh. Enam bulan berselang saya kembali ke spot ini dan sudah ada dermaga kokoh, baru, dan keren di depan area goa. Juga ada pagar besi yang mengelilingi makam keramat di depan goa.

Dermaga di Goa Keramat ini pun memanjakan pengunjung karena dibuat sampai ke dalam, jadi kamu bisa langsung lompat dan menikmati segarnya air payau di dalam goa.

Jembatan kayu menuju area dalam danau Goa Keramat

Sama dengan di Bukit Love. Setengah tahun lalu terakhir kesini belum ada dermaga kayu yang keren ini.

Dermaga di Bukit Love
Awal tahun lalu belum ada dermaga ini di Misool

Tak hanya dermaga, tapi juga tangga kayu menuju puncak bukit, persis seperti di Puncak Harfat Misool atau Pianemo di Wayag.

Tangga kayu menuju puncak Bukit Love

Satu hal yang patut ditunggu dari dana pin Raja Ampat: tower sinyal di Misool. Kalau yang satu ini udah ada, selamat tinggal tiga malam tanpa sinyal di Misool.

One thought on “Misool Makin Cakep Berkat Pin Wisatawan Raja Ampat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *