Cara Apply Visa Jepang Multiple Entry di Konjen Surabaya

Jepang memang ngga ngebosenin. Mau dikunjungi pas musim dingin, musim gugur, atau musim sakura pun tetep cakep.

Pertama kali ke Jepang, biasanya ambil rute segitiga Tokyo-Kyoto-Osaka. Lalu pengen balik lagi dan explore lebih jauh: Fukuoka, Kanazawa, Shirakawa, Tohoku, Nagano, sampai Hokaido dan Sapporo.

Buat yang udah punya e-paspor, ngga perlu repot dan ribet bolak-balik urus visa karena udah ada waiver.

Tapi kalo paspor biasa? Tenang, paspor biasa pun bisa bolak-balik ke Jepang tanpa ribet berkali-kali urus visa dengan cara apply multiple entry. Gimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Visa Jepang kategori tourist visa umumnya bersifat single entry dengan maksimal 15 atau 30 hari kunjungan. Untuk visa multiple entry punya masa berlaku 3 tahun atau sampai paspor expired, dengan lama tiap kunjungan maksimal 30 hari.

Pada intinya, apply visa Jepang untuk multiple entry itu sama dengan single entry. Berikut syarat-syaratnya:

• E-KTP
• Paspor
• Fotokopi KK
• Pas foto terbaru 4,5 x 4,5 cm 1 lembar, berwarna, background foto warna putih
• Print booking tiket pesawat dan hotel
• Print rekening bank 3 bulan terakhir
• Mengisi form pengajuan visa, bisa download di sini
• Surat pengantar kantor untuk pegawai atau karyawan, seperti ini
• Itinerary selama di Jepang, contohnya bisa download di sini

Kalo kamu berstatus wiraswasta sertakan surat pernyataan seperti ini dan untuk pelajar atau ibu rumah tangga sertakan surat pernyataan tanggungan atau sponsor, contohnya seperti ini. Bentuk dan format surat-surat tadi tidak harus sama persis seperti contoh, yang penting formal, tegas, dan jelas.

Khusus multiple entry, minimal dana di bank selama 3 bulan terakhir senilai RP 300 juta, bisa total jumlah tabungan, boleh juga gabungan antara tabungan dan giro atau deposito.

TAPI INGAT, syarat nominal ini TIDAK TERTULIS dan TIDAK BAKU, artinya, bisa jadi syarat RP 300 juta di Konjen Surabaya ini tidak berlaku atau berbeda nominalnya di Konjen lain, misal Medan atau Denpasar. Kebetulan saya mengurus visa multiple entry ini di Konjen Surabaya, jadi yang saya infokan ini based on pengalaman pribadi. Untuk lebih detailnya, kamu bisa hubungi Konjen Jepang sesuai yuridikasi alamat KTP-mu. Area yuridikasi dan alamat Konjen Jepang di Indonesia bisa dilihat di sini.

Oh iya, kalo kamu berstatus wiraswasta, wajib juga melampirkan foto kopi surat ijin usaha, SIUPP, atau semacamnya untuk memastikan legalitas usahamu.

Satu lagi, kamu juga wajib bikin surat pernyataan yang berisi alasan kamu kenapa mesti apply multiple entry. Kasih alasan kuat kenapa kamu layak dapat multiple entry. Contoh suratnya seperti ini.

Berapa biaya visa multiple entry? RP 770.000, dengan lama prosesnya 3 sampai 4 hari kerja.

Informasi tambahan untuk domisili/yuridikasi Jakarta.

1. Mulai 15 September 2017, pengajuan Visa Kunjungan Jepang di Jakarta baik Single maupun Multiple melalui JVAC (Japan Visa Application Center) di Lotte Shopping Avenue. Keterangan lengkapnya di sini.

2. Visa Waiver masih bisa diajukan langsung di Kedubes Jepang Jl. M.H. Thamrin No. 24 Jakarta Pusat (dekat Plaza Indonesia) dan biayanya gratis. Bisa juga mengajukan di JVAC dengan tambahan biaya administrasi.

Oke, semoga tulisan ini bisa ngasih kamu informasi dan gambaran untuk apply visa multiple entry Jepang. Happy journey!

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar