Hanami dan Bunga Sakura di Tokyo, Osaka, dan Kyoto

Musim semi di Jepang identik dengan mekarnya bunga sakura atau cherry blossom yang bersamaan dengan tradisi hanami.

Hanami adalah budaya piknik orang Jepang pada musim semi dan dilakukan di taman sambil menikmati pemandangan bunga sakura yang sedang mekar.

Periode sakura di Jepang biasanya berlangsung antara akhir bulan Maret sampai awal April. Setiap kota di Jepang memiliki periode mekar sakura yang berbeda-beda.

Berikut lokasi pilihan untuk hanami atau menikmati sakura di tiga kota populer Jepang: Tokyo, Kyoto, dan Osaka.

Catatan: Khusus untuk musim semi 2020, sebagian besar obyek wisata, taman, dan tempat hanami ditutup oleh Pemerintah Jepang untuk mengatasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Tokyo

Shinjuku Gyoen

Ada lebih dari seribu pohon sakura di Shinjuku Gyoen dengan beberapa jenis bunga dan warna. Sakura di sini biasanya mekar paling awet dan paling akhir di Tokyo, dan tempatnya selalu ramai hanami sampai minggu kedua bulan April.

Periode mekar sakura: Awal sampai pertengahan bulan April.

Ueno Park

Ueno Park adalah lokasi paling ramai untuk hanami di Tokyo. Di taman ini ada lebih dari seribu pohon sakura menuju National Museum dan Kolam Ueno Park. Bunga sakura di sini biasanya mekar paling awal dari beberapa taman lain di Tokyo.

Periode mekar sakura: Awal bulan April.

Sumida Park

Sumida Park berada di sepanjang tepian Sumida River, Asakusa. Pemandangan bunga sakura yang bermekaran dengan latar belakang sungai dan gedung bertingkat -termasuk menara Tokyo Skytree, bikin kamu betah berlama-lama di sini.

Lokasi: Jalan kaki 5 menit dari Asakusa Station, tanpa tiket masuk.
Periode mekar sakura: Awal bulan April.

Yoyogi Park

Lokasi hanami paling ramai kedua setelah Ueno Park adalah Yoyogi Park. Di sini ada lebih dari 600 pohon sakura dengan taman yang didesain sedemikian rupa agar orang-orang bisa piknik atau pesta hanami dengan nyaman.

Lokasi: Jalan kaki 5 menit dari Shinjuku Station atau Meiji Shrine, tiket masuk gratis.
Periode mekar sakura: Awal bulan April.

Meguro River

Alternatif lain untuk menikmati pemandangan sakura di tepi sungai. Setiap musim semi diselenggarakan Nakameguro Sakura Festival dengan hiasan dan ornamen lampu yang cantik pada malam hari.

Lokasi: Nakameguro Station, tiket masuk gratis.
Periode mekar sakura: Awal bulan April.

Showa Memorial Park

Showa Memorial Park atau Showa Kinen Koen merupakan taman terluas di Tokyo dengan pemandangan ribuan pohon sakura di beberapa area taman. Showa Kinen Koen juga cantik dikunjungi pada musim gugur.

Lokasi: Jalan kaki 10 menit dari Nishi-Tachikawa Station, tiket masuk 450 yen, buka jam 9 pagi sampai 5 sore.
Periode mekar sakura: Awal bulan April.

Kyoto

Philosopher’s Path

Salah satu spot sakura paling populer di Kyoto. Ada ratusan pohon sakura yang berderet di antara Kuil Ginkakuji dan Kuil Nanzenji Temples. Di sepanjang area ini juga banyak toko-toko souvenir dan kuliner street-food khas Jepang.

Lokasi: Area di antara Kuil Ginkakuji dan Kuil Nanzenji Temples, tiket masuk gratis.
Periode mekar sakura: Awal bulan April.

Arashiyama River

Arashiyama terkenal dengan bamboo forest-nya, tapi saat musim semi cobalah ke area tepi sungai Arashiyama dimana terdapat taman dengan ratusan pohon sakura. Di sini juga terdapat jogging track dan bicycle track.

Lokasi: Jalan kaki 10 menit dari Arashiyama Station, tiket masuk gratis.
Periode mekar sakura: Awal bulan April.

Daigoji Temple

Kuil Daigoji identik dengan kuil di tengah kolam dan jembatan kayu berwarna merah yang dikelilingi pohon sakura. Pada abad ke-16 kuil ini merupakan pusat hanami keluarga kerajaan. Di sepanjang jalan masuk menuju area utama kuil dipenuhi deretan pohon sakura.

Lokasi: Jalan kaki 15 menit dari Daigoji Station, tiket masuk 1500 yen, buka jam 9 pagi sampai 5 sore.
Periode mekar sakura: Awal bulan April.

Keage Incline

Pasti kamu pernah lihat pemandangan ini di foto wallpaper atau kalender. Ratusan pohon sakura berderet di sepanjang rel kereta dan kanal. Lokasi ini memang salah satu yang paling populer untuk menikmati pemandangan sakura di Kyoto.

Lokasi: Berdekatan dengan Okazaki Canal dan Kuil Nanzenji, tiket masuk gratis.
Periode mekar sakura: Awal bulan April.

Okazaki Canal

Masih di area Keage Incline, kita bisa menikmati suasana musim semi di Okazaki Canal dengan naik perahu wisata yang beroperasi mulai jam 8 pagi sampai petang (biasanya jam 6 atau 7 malam tergantung cuaca). Selama musim semi lokasi ini juga dihiasi lampu-lampu cantik pada malam hari.

Lokasi: Di area luar Kuil Heian, biaya perahu wisata: 1200 yen per orang.
Periode mekar sakura: Akhir Maret sampai awal April.

Kiyomizudera

Kuil Kiyomizudera terkenal sebagai salah satu kuil paling cantik di Kyoto. Pemandangan pegunungan dan pohon-pohon sakura yang mekar di area ini menambah cantik pemandangan Kiyomizudera pada musim semi.

Lokasi: Jalan kaki 15 menit dari Kiyomizu-michi bus stop, tiket masuk 400 yen, jam buka 7 pagi sampai 6 sore.
Periode mekar sakura: Awal April.

Osaka

Kema Sakuranomiya Park

Lokasi ini masih satu area dengan Osaka Castle. Ada ratusan pohon sakura berjejer di sepanjang tepian Sungai Okawa. Dari taman ini juga terlihat beberapa sudut bangunan Osaka Castle yang megah.

Lokasi: Sakuranomiya Station (JR Loop Line), tiket masuk gratis.
Periode mekar sakura: Awal April.

Osaka Castle

Destinasi wajib di Osaka. Pada musim semi halaman Osaka Castle dipenuhi pohon sakura yang bermekaran, terutama dari arah gerbang utama sampai ke halaman depan Osaka Castle.

Periode mekar sakura: Awal April.

Gunung Fuji

Kawaguchiko

Jepang belum terasa lengkap tanpa foto dengan latar belakang bunga sakura dan Gunung Fuji.

Kawaguchiko atau Danau Kawaguchi adalah satu dari lima danau dengan pemandangan Gunung Fuji, terkenal dengan istilah Fuji Five Lakes. Aksesnya sangat gampang, tinggal jalan kaki 10 menit dari Kawaguchiko Station atau bisa naik bis shuttle yang akan membawa kita ke beberapa spot Sakura Festival di sekitar Kawaguchiko.

Nah, dari beberapa lokasi di atas, mana spot favoritmu untuk menikmati sakura di Jepang?

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar