Sedang merencanakan liburan ke Vietnam dengan destinasi alam yang anti mainstream? Ninh Binh adalah pilihan yang tepat untuk menepi sejenak dari keramaian Hanoi atau populernya Halong Bay.

Ninh Binh (baca: ning bing) berjarak sekitar 100 kilometer di selatan ibu kota Vietnam, Hanoi. Hanya perlu dua jam perjalanan dari Hanoi untuk sampai di Ninh Binh.

Bukit-bukit karst dengan latar belakang danau dan sungai menjadi pemandangan khas di destinasi ini. Landscape Ninh Binh yang mirip Halong Bay membuat banyak orang menyebut destinasi ini sebagai “Halong Bay darat”.

Pemandangan alam khas Ninh Binh

Ninh Binh sendiri merupakan provinsi yang dulunya pernah menjadi ibu kota Vietnam pada abad ke-10. Tak heran, di tempat ini masih banyak peninggalan sejarah berusia ratusan tahun, seperti pagoda Bai Dinh dan kota tua Hoa Lu.

Cara menuju Ninh Binh

Cara paling gampang menuju Ninh Binh adalah dengan memesan paket tour-nya di Hanoi. Harga one day tour dari Hanoi ke Ninh Binh biasanya mulai RP 450 ribu per orang, sudah termasuk makan siang dan transportasi pulang pergi.

Tapi kalo ingin lebih hemat dan independen ala backpacker, kita bisa naik bis umum dari My Dinh Bus Station di Hanoi dengan harga tiket sekali jalan RP 75-100 ribu, tergantung kelas bis. Alternatif selain bis adalah kereta api yang berangkat setiap hari dari Hanoi Railway Station, harga tiketnya sekitar RP 230 ribu.

Meskipun Ninh Binh bisa dikunjungi dengan one day tour dari Hanoi, tapi sebaiknya luangkan waktu lebih untuk menginap setidaknya satu atau dua malam untuk bisa menjelajah tempat-tempat eksotik di Ninh Binh berikut ini.

Trang An

Destinasi paling populer di Ninh Binh adalah Trang An Landscape Complex, atau biasa disingkat Trang An. Aktivitas utama di Trang An adalah naik bamboo boat menyusuri sungai dan danau yang dikelilingi tebing-tebing dan goa selama kurang lebih dua jam. Selain itu kita juga singgah di beberapa “pulau kecil” dengan kuil-kuil dan pagoda cantik di tengahnya.

Salah satu view ikonik di Trang An Landscape Complex
Pagoda-pagoda tersebar di antara danau dan bukit karst Trang An

Salah satu spot unik di Trang An adalah Kong Island yang terkenal setelah menjadi lokasi syuting film Kong Skull Island. Untuk menarik wisatawan, dibuatlah beberapa miniatur menyerupai adegan di film, seperti rongsokan kapal dan rumah-rumah suku primitif di Kong Island.

Pemandangan rumah suku pedalaman di Kong Island
Bangkai kapal di tengah danau Kong Island

Selain wisata alam, spot populer lainnya di Trang An adalah Bai Dinh Pagoda, kompleks pagoda terbesar dan terluas di Asia Tenggara. Bai Dinh Pagoda terdiri dari kuil-kuil tua berusia ribuan tahun dan sejumlah kuil baru yang dibuat untuk wisatawan, dengan ratusan patung biksu berjejer di sepanjang koridor menuju kuil utama.

Deretan patung bhiksu di Bai Dinh Pagoda

Sebagai bekas ibu kota Vietnam kuno, tak mengherankan bila Ninh Binh menyimpan ratusan pagoda dan benteng kuno. Sisa-sisa kejayaan masa kekaisaran Vietnam ini ada di Hoa Lu, kawasan kota kuno yang kini befungsi sebagai obyek wisata. Kota Kuno Hoa Lu sendiri dikelilingi bukit, rawa, sungai dan danau yang bisa dijangkau dengan naik sampan dari Trang An Landscape Complex.

Pintu masuk di kota tua Hoa Lu

Tam Coc

Tam Coc merupakan kawasan pedesaan di pinggiran kota Ninh Binh. Suasana yang tenang dan udara segar khas desa-desa di Vietnam membuat banyak wisatawan betah tinggal di Tam Coc, didukung banyaknya pilihan homestay dan hotel budget di kawasan ini. Kita juga bisa sewa sepeda untuk berkeliling dan mengeksplor tempat-tempat cantik di sekitar Tam Coc, salah satunya Mua Caves.

Pemandangan saat bersepeda menyusuri pinggiran Ninh Binh

Mua Caves atau Hang Mua adalah destinasi utama di Tam Coc. Untuk menuju puncaknya kita harus melalui sekitar 500 anak tangga. Mua Caves memiliki dua puncak, yaitu puncak naga dan puncak pagoda. Di puncak naga terdapat altar pemujaan untuk Dewi Quan Im. Sedangkan puncak pagoda identik dengan pagoda kecil dengan pemandangan landscape Tam Coc dari ketinggian.

Ratusan anak tangga dan puncak pagoda di Mua Caves

Tepat di kaki tebing Mua Caves terdapat lotus garden. Sesuai namanya, area ini berupa hamparan bunga teratai atau lotus yang menjadi bunga nasional Vietnam. Periode terbaik untuk berkunjung ke Lotus Garden adalah bulan April dan Oktober, bertepatan dengan mekarnya ratusan teratai di lokasi ini.

Bunga lotus yang menjadi bunga nasional Vietnam
Lotus Garden dengan bunga mulai bermekaran di Mua Caves

Tam Coc Night Market

Seperti halnya kota-kota wisata lain di Vietnam, denyut kehidupan Tam Coc pada malam hari juga berpusat di night market. Deretan cafe dan restoran buka setiap hari mulai sore sampai tengah malam. Sejumlah rumah makan dan toko-toko souvenir juga ada di Tam Coc Night Market ini, termasuk bus-cafe di pinggir danau Tam Coc.

Cafe bis yang populer di tepi danau Tam Coc
Suasana danau Tam Coc pada malam hari

Kuliner khas Ninh Binh

Tidak seperti Hanoi atau Ho Chi Minh City yang terkenal dengan pho-nya, di Ninh Binh ada dua makanan khas warga setempat, yaitu daging kambing gunung (thแป‹t dรช) dan siput (แป‘c).

Kambing gunung di Ninh Binh dibiarkan hidup lepas di tebing dan bukit sehingga dagingnya terasa lebih kenyal dan sedikit lemak. Menu ini direbus dan disajikan dengan bumbu-bumbu lokal, sambal pedas, dan daun-daunan herbal khas kuliner Vietnam. Tertarik mencoba?

Sate kambing gunung ala Ninh Binh
Spring-roll khas Ninh Binh yang sedikit berbeda dengan di Hanoi
Pho Ga (pho ayam) di Ninh Binh

Tiket pesawat ke Hanoi

AirAsia terbang setiap hari dari Kuala Lumpur ke Hanoi dengan lama penerbangan kurang lebih 3 jam 15 menit. Jadwal terbang dari Kuala Lumpur pukul 06.05 dan 12.05, sedangkan dari Hanoi pukul 09.00 dan 14.50.

Rincian Biaya Perjalanan

Estimasi budget liburan tiga hari dan dua malam di Ninh Binh dari Hanoi, share cost dua orang.

Tiket bis pulang pergi dari Hanoi ke Ninh Binh: RP 150.000
Penginapan dua malam di Tam Coc: RP 200.000
Sewa sepeda dua hari di Tam Coc: RP 100.000
Makan dan minum: RP 150.000
Biaya bamboo boat di Trang An: RP 100.000
Lain-lain: RP 50.0000
Estimasi total biaya: RP 750.000

Beri Komentar