Restoran Halal Dengan Cita Rasa Indonesia di Hanoi

Di Hanoi, mencari makanan halal dengan rasa khas Indonesia memang tak semudah di Bangkok atau Kuala Lumpur.

Memang ada sejumlah restoran atau rumah makan halal di ibukota Vietnam ini, tapi umumnya menyajikan menu ala Timur Tengah, Pakistan, atau India.

Sedangkan restoran dengan cita rasa Indonesia, tiga pilihan terbaiknya adalah Batavia Restaurant & Cafe, D’Lions Restaurant di Hotel Cosiana, dan Allante Restaurant di Hotel Sunway.

Batavia Restaurant & Cafe

Khusus untuk rumah makan dengan menu Indonesia di Hanoi, pilihan terbaiknya adalah Batavia Restaurant & Cafe. Lokasinya di jalan Ngọc Ha 116, Ba Dinh, sekitar 10 menit saja jalan kaki dari salah satu destinasi populer di Hanoi, Ho Chi Minh Mausoleum, One Pillar Pagoda, dan Ho Chi Minh Museum.

Di Batavia Restaurant & Cafe ini lidah kita seperti pulang duluan ke Indonesia karena di sini tersedia macam-macam menu Nusantara seperti Mulai dari rendang, sop iga sapi, sayur asem, sate ayam, telur bumbu bali, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk minuman ada jus alpukat, es campur, dan es cendol.

Sate ayam ala Vietnam di Batavia Restaurant & Cafe

Atau kamu penasaran dengan masakan Vietnam tapi yang versi halal, di sini juga ada pho, bun bo, banh mi, springroll, dan beberapa menu khas Vietnam lainnya.

Pho Bo atau pho daging sapi, varian menu Vietnam

Batavia Restaurant & Cafe ini memang restoran kuliner Indonesia yang pertama di Hanoi. Ownernya adalah staf kedutaan yang awalnya melihat kesulitan orang Indonesia mendapatkan menu halal dengan cita rasa Indonesia di ibu kota Vietnam.

Tampak depan restauran Batavia di Hanoi
Pengunjung Batavia Restaurant & Cafe Hanoi dari Surabaya

Kuliner Vietnam yang umumnya segar, sederhana, banyak direbus, dan bumbu-bumbu minimalis sangat bertolak belakang dengan kuliner Indonesia yang umumnya mengandung santan dan bumbu rempah yang kompleks.

Untuk menambah suasana “Indonesia”, di restoran ini juga terpampang beberapa lukisan Bromo, Bali, batik, dan beberapa foto lawas yang menggambarkan kedekatan hubungan Indonesia dan Vietnam, terutama pemimpin pertama kedua negara, Soekarno dan Ho Chi Minh.

Memorabilia Presiden Soekarno dan Presiden Ho Chi Minh

D’Lions Restaurant

Selain Batavia Restaurant & Cafe Hanoi, alternatif berikutnya untuk menu halal dengan citarasa Indonesia adalah D’Lions Restaurant. Lokasinya di dalam Cosiana Hotel, Jalan  Duong Le Duan 92, Van Mieu, kawasan Hoan Kiem Lake Hanoi.

Meskipun restorannya berada di dalam hotel, tapi D’Lions Restaurant ini terbuka untuk umum. Kamu tak harus menginap di Cosiana Hotel untuk bisa menikmati menu halal di D’Lions Restaurant ini.

Pengunjung D’Lions Restaurant di Hotel Cosiana Hanoi
Menu di D’Lions Restaurant

Sedikit berbeda dengan Batavia Restaurant & Cafe Hanoi, di sini tak hanya menyajikan menu ala Indonesia seperti nasi goreng dan rendang, tapi juga masakan Malaysia seperti nasi lemak, chicken rice, roti canai, mie goreng, dan laksa.

Allante Restaurant

Hampir sama dengan D’Lions Restaurant, Allante merupakan restoran yang berada di dalam Sunway Hotel. Lokasinya di jalan Pham Dinh Ho, Hai Ba Trung District, agak jauh dikit kalo jalan kaki dari area Old Quarter dan Hoan Kiem Lake (sekitar 3 km).

Menu makanan di Allante Restaurant ini pun hampir sama dengan D’Lions, dengan ragam masakan ala Malaysia, Singapura, dan Indonesia, yang dipadu dengan Chinese Food dan masakan lokal Vietnam seperti rice noodles, pho, cha ca la vong, dan springrolls.

Vegetable fried springroll, salah satu menu Vietnam di Allante Restaurant

Selain tiga restoran tadi, sebelumnya juga ada Juni’s Kitchen yang menyajikan menu Indonesia seperti masakan padang dan rendang. Tapi restoran yang lokasinya di dekat danau West Lake Hanoi ini sudah tutup.

Dan seperti yang saya bilang di awal artikel ini, beberapa restoran halal sudah mulai bermunculan di Hanoi, khususnya di sekitar kawasan wisata Old Quarter dan Hoan Kiem Lake. Tapi umumnya menyajikan menu Timur Tengah dan India. Kalo kamu penasaran, bisa coba beberapa restoran halal berikut ini.

Namaste Hanoi

Seperti namanya, restoran ini identik dengan masakan India, sebut saja crispy appalam, chicken masala, dosa, mutton, tandori, nasi briyani, dan beberapa masakan ala India selatan lainnya dengan aroma kari yang sangat kental. Menu andalan di sini: chicken lollypop. Selain halal food, di sini juga ada menu vegetarian food. Lokasinya di 46 Tho Nhuom Street, Hoan Kiem District Hanoi, sekitar 10 menit jalan aki dari Hanoi Railway Station atau di seberang Hanoi Towers Shopping Centre.

Menu andalan Namaste Hanoi, chicken lolypop

Khazaana Indian Restaurant

Opsi lain untuk menu halal ala India. Lokasinya masih di kawasan Hoan Kiem Lake, hanya 2 menit jalan kaki dari Hanoi Royal Palace Hotel.

Sup kari ayam dan naan di Khazaana Indian Restaurant

Nan N Kabab

Sesuai namanya, menu utama di sini adalah kebab. Pelanggan Nan N Kabab umumnya turis Timur Tengah atau ekspat di Hanoi. Penyajian kebabnya cukup menari dengan tambahan beberapa sayur dan daun mint khas Vietnam.

Varian menu ala Timur Tengah dan India di Nan N Kabab

Red House Hanoi

Tempatnya unik dan cozy, dengan sajian masakan Singapura dan beberapa menu campuran Melayu seperti kepiting lada hitam alias black pepper crabs, tiger prawns with salted egg, baby prawns, minced chicken dan lainnya. Mayoritas menu utama memang seafood, tapi juga ada pilihan ayam dan menu lokal Vietnam.

Kepiting lada hitam, menu andalan Red House Hanoi

Grills & Gravy

Masih penasaran dengan makanan ala India di Hanoi? Grills & Gravy bisa jadi pilihan alternatif dengan berbagai menu otentik khas India dan Timur Tengah seperti tandori, kebab, dan naan. Untuk menu yang lebih “berat” ada nasi briyani dengan pilihan daging ayam atau kambing. Untuk kuahnya ada beberapa pilihan kari, seperti sup kari ayam dan sup kari kepala ikan.

Daging bakar, kebab, dan naan di Grills & Gravy Hanoi

Selain beberapa restoran ala Timur Tengah dan India tadi, masih ada beberapa lainnya di sekitar area Old Quarter. Jumlahnya tiap tahun selalu bertambah. Kamu bisa explore sendiri dari hotel atau hostel di sekitar Old Quarter atau Hoan Kiem Lake.

You may also like...

Popular Posts

Beri Komentar